News19 Juli 2020 15:12

Gowes Menjamur, Dishub Kota Malang Bakal Perbanyak Jalur Sepeda

Konten Redaksi Tugu Malang
Gowes Menjamur, Dishub Kota Malang Bakal Perbanyak Jalur Sepeda (15925)
Jalur khusus sepeda di kawasan Talun GPIB, Jalan Arif Rahman Hakim, Malang. Foto: Ulul Azmi.
MALANG - Menjamurnya gowes atau aktivitas bersepeda membuat Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang berencana menambah jalur sepeda. Selama ini, jalur pesepeda hanya ada di Alun-Alun Kota dan kawasan Talun.
ADVERTISEMENT
"Kami memang berencana membuat jalur sepeda di beberapa ruas jalan di Kota Malang," kata Kepala Dishub Kota Malang, Handi Priyanto, pada Minggu (19/7/2020).
Kendati demikian, Dishub masih dalam tahap survei terhadap beberapa ruas jalan yang ada di kota. ''Tapi pada umumnya, semua jalan bisa ditambahkan jalur khusus sepeda. Rencananya juga nanti ada parkir khusus sepeda," tambahnya.
Gowes Menjamur, Dishub Kota Malang Bakal Perbanyak Jalur Sepeda (15926)
Selain itu, dengan adanya fasilitas ini, Dishub berharap para pesepeda juga dapat mematuhi peraturan lalu lintas, sebagaimana pengendara lain. Meski memang sepeda tidak terdapat dalam peraturan lalu lintas, Handi menegaskan bahwa pesepeda saat ini juga harus patuh rambu-rambu lalu lintas.
''Selama inikan kadang lampu merah masih ada saja pesepeda yang menerobos. Nah, saat ini animonya semakin banyak. Sudah waktunya para pesepeda juga ikut peraturan lantas,'' imbaunya
ADVERTISEMENT
Terpisah, warga Kota Malang yang gemar bersepeda, Rifki Hidayat (26), mengaku menyambut baik rencana Pemkot Malang ini. Baru-baru ini, dia mengatakan bahwa citra pesepeda sedang buruk.
Hal ini, kata Rifky, mengingat ada beberapa oknum pesepeda yang tidak bertanggung jawab. Mulai dari menerobos lampu merah, menyerobot jalur, hingga membawa sepeda ke dalam restoran.
''Bagus banget itu. Penting juga biar ada edukasi share the road pada para pesepeda. Bagaimanapun, ini jalan umum kudu (harus) tetep menghormati pengendara lain,'' kata pria asli Jodipan ini.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white