kumparan
KONTEN PUBLISHER
14 Februari 2020 19:39

Gubernur Jatim Jamin Kesehatan 7 WNI Asal Malang yang Pulang dari China

Corona.jpg
Ilustrasi tabung reaksi menunjukkan positif virus Corona. Foto: REUTERS/Dado Ruvic
TUGUMALANG.ID - Rencananya Sabtu (15/02/2020) sebanyak 7 WNI asal Malang akan dipulangkan ke rumahnya masing-masing. Mereka ini adalah WNI yang telah selesai diobservasi dan bebas virus Corona setelah dipulangkan dari China. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjamin kesehatan mereka dan mengimbau agar masyarakat tidak berlebihan menanggapi kabar tersebut.
ADVERTISEMENT
"Kementerian kesehatan sudah melakukan observasi selama 14 hari, dan tidak ada satupun yang terjangkit virus Corona," jelasnya pada Jum'at (14/02/2020) di Gedung Negara Grahadi.
Namun, ia mengingatkan agar tetap waspada dan segera memeriksakan diri jika muncul gejala virus Corona tersebut.
"Kalau ada anggota keluarga yang demam tinggi, batuk, serta sesak nafas agar segera memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat," ujarnya. Khofifah juga menjelaskan jika dirinya sudah mengantisipasi diberbagai pintu masuk di Jawa Timur untuk membatasi ruang gerak virus asal China tersebut.
"Antisipasi sudah dilakukan sejak awal Januari lalu, seperti pemasangan Body Thermal Scanner di setiap pintu masuk kedatangan luar negeri," ucapnya.
Rencananya sendiri, akan ada 65 WNI asal Jawa Timur yang akan dipulangkan dari hangar Natuna. Mereka akan mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta dan akan dijemput Pemerintah Daerah (Pemda) Jawa Timur.
ADVERTISEMENT
Setelah Pemda Jawa Timur mengurus surat kepulangan mereka masing-masing, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan melepaskan mereka untuk dipulangkan ke rumah masing-masing.
Sayangnya, informasi ini belum diketahui semua instansi. Hal ini terlihat setelah tugumalang.id mendatangi kantor Keimigrasian Kelas 1 Malang Jalan Raden Panji Suroso No.4, Polowijen, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.
"Belum ada informasi terkait kedatangan WNI asal malang dari Natuna tersebut," jelas Kasubsi Teknologi Informasi Keimigrasian Kelas 1 Malang, Erry Prihantono pada Jum'at (14/02/2020).
Padahal menurut informasi yang beredar, akan ada sekitar 7 WNI berasal dari Malang yang akan dipulangkan pada Sabtu (15/02/2020) besok.
Menurut Erry jika mengenai pemulangan para WNI tersebut sudah menjadi yuridiksi Dinas Kesehatan. "Kalau itu dari karantina, dan itu yuridiksi Dinas Kesehatan," tegasnya.
ADVERTISEMENT
Ia menjelaskan untuk karantina ada di Bandara Abdurrachman Saleh Malang. "Karena bandara kan jalur keluar masuknya, jadi pasti ada," jelas Erry.
Reporter: Rizal Adhi Pratama
Editor: Rino Hayyu Setyo
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan