News
·
9 Mei 2021 20:12

Huntara Brau Diresmikan, Wali Kota Batu Harap Warga Terdampak Mau Menempati

Konten ini diproduksi oleh Tugu Malang
Huntara Brau Diresmikan, Wali Kota Batu Harap Warga Terdampak Mau Menempati (3218)
Dewanti Rumpoko dalam peresmian Huntara. (Foto Diskominfo Kota Batu)
BATU- Hunian Sementara (Huntara) Dusun Barau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu telah diresmikan pada Sabtu (8/5/2021). Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko berharap warga terdampak longsor pada Februari 2021 itu mau menempatinya.
ADVERTISEMENT
"Memang meninggalkan rumah sendiri itu susah, tetapi kita harus ikhlas hijrah demi keselamatan bersama," ujar Dewanti.
Dia mengimbau kepada warga terdampak longsor tersebut agar tidak kembali rumah masing masing. Menurutnya berdasarkan rekomendasi BPBD Jatim, rumah mereka saat ini rawan longsor dan tidak layak huni.
Disebutkan, Huntara yang berada di belakang SDN 4 Gunungsari itu berukuran 4x6 meter. Sebanyak 15 huntara disiapkan dengan fasilitas dua kamar dan satu ruangan serba guna.
"Sesuai kesepakatan warga, 15 unit huntara ini akan ditempati warga mulai Minggu (9/5/2021) ini. Diharapkan bantuan sosial huntara ini dapat menunjang kelangsungan hidup yang layak," ucapnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Batu, Ririk Mashuri menjeladkan, Pemkot Batu juga telah menyediakan akses jaminan kebutuhan hidup bagi warga selama menghuni huntara.
ADVERTISEMENT
Diantaranya, logistik 10 item selama tiga bulan, kasur busa dan bantal guling, layanan listrik selama satu tahun, layanan wi-fi selama satu tahun, ruangan serbaguna, kamar mandi, anjungan baca dan layanan kesehatan.
"Sesuai perjanjian warga, mereka sudah menandatangani kesepakatan untuk kesanggupan menempati huntara ini sampai ada hunian tetap," tuturnya.