kumparan
11 April 2019 19:42

Kemenko Perekonomian dan Askrindo Gelar Sosialisasi Kepada UMKM

Para pejabat dari Kemenko Bidang Perekonomian RI, Askrindo dan perwakilan anggota DPR RI foto bersama dengan pelaku UMKM.(foto: Gigih Mazda/Tugu Malang).
TUGUMALANG.ID – Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian Republik Indonesia (RI) benar-benar ingin mendongkrak pengusaha mikro, kecil dan menengah agar naik kelas. Bersama dengan PT Askrindo (Asuransi Kredit Indonesia), keduanya melakukan sosialiasi kepada sekitar UMKM di Malang Raya di Ijen Suites Hotel Kamis (11/4/2019) siang.
ADVERTISEMENT
Kegiatan tersebut merupakan sosialisasi terkait Kredit Usaha Rakyat dengan bunga rendah yang memang ditujukan bagi pelaku usaha. Tujuannya untuk mendorong dan meningkatkan perekonomian negeri.
”Pengalaman data program ini sukses sekali. Mereka naik kelas. Misalkan contoh, dari mikro naik ke kecil. Atau dari kecil ke menengah,” ucap Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Kuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Iskandar Simorangkir.
Ia menyatakan bahwa KUR dengan suku bunga sebesar 7 persen pertahun adalah hal yang sangat ringan bagi pelaku usaha.”Jadi banyak yang tidak tahu bahwa KUR ini kredit yang diberikan pada UMKM untuk usaha produktif. Jadi jika dia itu masuk UMKM dan produktif, dia boleh ambil KUR. Banyak yang tidak tahu bahwa ada yang murah. Makanya itu kami adakan sosilalisasi itu,” beber Iskandar.
ADVERTISEMENT
Penyerahan para penerima kredit secara simbolis,(foto: Gigih Mazda/Tugu Malang).
Sementara itu, Direktur Operasional Ritel PT Askrindo Anton Fadjar A Siregar menyebutkan bahwa pencapaian kinerja sejak tahun 2007 hingga 2019 ini telah mencapai Rp 12,5 triliun.
“Saat ini, sampai dengan Februari 2019 tercatat PT Askrindo telah menjamin KUR dengan plafon mencaai Rp 12,5 triliun dengan jumlah debitur mencapai 438 ribu,” terang Anton Fadjar. Sedangkan terkait penyerapan tenaga kerja, ia menyebut terdapat sebanyak 490 ribu orang dari program KUR tersebut.
Suasana gayeng terlihat dalam acara sosialisasi kepada sekitar 500 pelaku UMKM yang dilakukan oleh Kemenko Perekonomian dan Askrindo.(foto: Gigih Mazda/Tugu Malang).
Ia berharap bahwa dengan adanya sosialisasi KUR tersebut target pemerintah sebesar Rp 140 triliun itu bisa tercapai. “Saya harap semoga penyaluran KUR tahun 2019 yang telah ditargetkan pemerintah sebesar Rp 140 triliun ini tercapai denga target KUR produktif sebesar 60 persen,” tandasnya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, dalam acara tadi, hadir juga Anggota DPR RI dari dapil Malang Raya Andreas Eddy Susetyo, dan sejumlah pejabat lain.
Reporter: Gigih Mazda
Editor : Irham Thoriq
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan