kumparan
3 Desember 2019 11:07

Kristalking, Kuliner Minuman Karamel Asal Malang Sabet Prestasi Bisnis

IMG-20191202-WA0014.jpg
Owner Kristalking, Lalu Wendy Wirasanjaya di ajang Surabaya FinTech Exhibition Minggu (1/12/2019)
TUGUMALANG.ID - Berani tampil beda membuat Kristalking meraih prestasi pertamanya dalam ajang kompetisi Usaha di Surabaya FinTech Exhibition yang digelar di SCC Pakuwon Trade Center, Surabaya Minggu (1/12/2019) lalu. Bisnis kuliner minuman berbahan dasar karamel dan susu asal Kota Malang itu menyabet juara 2 dari 10 peserta pelaku bisnis di ajang tersebut.
ADVERTISEMENT
Owner Kristalking, Lalu Wendy Wirasanjaya mengungkapkan bahwa prestasi dan kompetisi yang ia ikuti ini tak lain adalah untuk meningkatkan kualitas produknya. Ia mengatakan bahwa dengan mengikuti kompetisi akan meningkatkan semangat perjuangan serta kritik dan saran yang akan membangun sebuah bisnis. Sedang terkait hadiah, menurutnya itu hanya sebagai keberuntungan saja.
“Dengan mengikuti kompetisi kita dapat melihat bagaimana bisnis kita dinilai di luar sana. menurut kita produk kita baik tapi kita tidak tau bagiaman di kota lain orang akan menilai,” ujar Wendy. Tak hanya itu, pihaknya juga memiliki target untuk mengikuti 5 ajang kompetisi bisnis lagi pada tahun 2020 mendatang.
IMG_20191202_180106.jpg
Kristalking di Jl Sigura-Gura Kota Malang (Foto: Khusnul Hasana/Tugumalang.id)
Untuk diketahui, Kristalking ini sendiri berlokasi di jalan Bendungan Sigura-gura No. 30G, Ruko Pelita Malang dan baru dibuka pada akhir Agustus lalu. Meski baru berjalan sekitar tiga bulan, prestasi yang disabet di ajang Surabaya FinTech Exhibition ini tentu bisa menjadi salah satu tolok ukur kualitas produknya.
ADVERTISEMENT
Saat ini, bisnis minuman kopi di Kota Malang cukup menjamur bahkan jumlahnya hampir mencapai 1200-an. Bahkan hampir semua merek dan jenis kopi di Kota Malang sulit dibedakan rasanya. Lantas, menjamurnya bisnis kopi di Kota Malang tak membuat pria asal Lombok itu ikut-ikutan memulai bisnis kopi. Kristalking merupakan salah satu merek sebuah bisnis minuman di Kota Malang yang tak mengikuti bisnis minuman kopi.
“Untuk pasarnya awalnya memang tidak ada untuk karamel. Awalnya pengen ngebuat kopi, tapi pasti bakal berjuang banget karena kalah dengan usaha kopi lain. Namun kita juga ada produk kopi, sebagai alternatif saja bagi yang gak suka manis,” tambah alumnus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu.
Ia juga menuturkan bahwa mengikuti tren itu boleh saja tapi, namun juga harus memiliki inovasi agar produknya unggul. Serta kolaborasi juga penting untuk dilakukan. Produk Kristalking dapat menjadi seperti saat ini karena melakukan kolaborasi saran-saran dari beberapa konsumen yang ada. Rencanannya, Kristalking akan membuka 2 cabang lagi di kota Malang dan Batu. Kedepanya juga akan membuka di beberapa kota di Jawa dan Bali.
ADVERTISEMENT
Pria berusia 28 tahun itu memberi tips dalam bernisnis diantaranya rajin-rajin berinovasi, karena inovasi sangat penting agar pelanggan tak mudah pergi, sedang yang kedua adalah konsisten untuk mengontrol bisnis.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan