kumparan
KONTEN PUBLISHER
14 Februari 2020 15:32

Malang di Nilai Aman Corona, Jarang Ada Wisatawan Asal China

bzvcz6g5ut3nztthdgvc.jpg
Ilustrasi tabung reaksi menunjukkan positif virus Corona. Foto: REUTERS/Dado Ruvic
MALANG-Kemunculan virus Corona yang berasal dari Wuhan, China membuat masyarakat ketar-ketir. Hal ini lantaran tidak sedikit wisatawan asal negeri tirai bambu tersebut yang berkunjung ke Indonesia.
ADVERTISEMENT
Namun, Agus Widodo, Kepala Seksi Analisis dan Pengembangan Pasar Pariwisata Disparbud Kabupaten Malang menjelaskan agar masyarakat Kabupaten Malang tidak perlu khawatir.
Hal ini karena menurutnya Kabupaten Malang bukanlah salah satu wilayah yang biasa dikunjungi wisatawan asal China.
"Kalau Kabupaten Malang sangat jarang sekali ada wisatawan asal China, malah mungkin tidak ada sama sekali," tuturnya saat ditemui tugumalang.id, Kamis (14/02/2020) di Kantor Disparbud Kabupaten Malang Jalan Raya Singosari No. 275, Pagentan, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.
Menurutnya kebanyakan wisatawan asal China berkunjung ke Bali dan Jakarta. "Kebanyakan mereka langsung ke Bali, karena di sana ada rute langsung dari negara mereka, sementara Malang kan tidak memiliki bandara Internasional," ujarnya.
IMG-20200214-WA0043.jpg
Kasubsi Teknologi Informasi Keimigrasian Kelas 1 Malang, Erry Prihantono. Foto : rizal adhi pratama/tugumalang.id
Bahkan ia sempat bercanda kalau wisatawan China yang berkunjung ke Kabupaten Malang adalah China lokal. "Ya kalau China lokal banyak dijumpai di daerah wisata Kabupaten Malang," guraunya.
ADVERTISEMENT
Hal senada juga disampaikan Kasubsi Teknologi Informasi Keimigrasian Kelas 1 Malang, Erry Prihantono. Menurutnya hingga saat ini belum ada laporan adanya WN China yang masuk ke Malang.
Menurutnya seandainya ada WN China, pasti mereka akan melaporkan pada Keimigrasian untuk memperpanjang surat tinggal darurat. "Kalau mereka kan memang tidak ingin dipulangkan, jadi mereka akan mengurus surat tinggal darurat selama 30 hari di Indonesia," jelasnya.
Menurutnya saat ini WN China yang mengurus surat tinggal darurat tersebut terkonsentrasi di Bandara Ngurah Rai Bali dan Bandara Soekarno Hatta.
Terakhir Erry memastikan masih belum ada informasi mengenai masuknya virus Corona di Kabupaten Malang.
"Kalau dari laporan Lanud Abdurrahman Saleh masih belum ada laporan masuknya virus corona," tutupnya.
ADVERTISEMENT
Reporter : Rizal Adhi Pratama
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan