Woman
·
2 Mei 2021 17:29

Manfaat Vitamin C untuk Kulit Sehat di Tengah Bulan Puasa

Konten ini diproduksi oleh Tugu Malang
Manfaat Vitamin C untuk Kulit Sehat di Tengah Bulan Puasa (411274)
dr Indah Widyasari (kanan) sebagai narasumber dalam Wardah Beauty & Wellness, pada Minggu (02/04/2021). Foto: tangkapan layar acara
MALANG - Vitamin C memiliki manfaat yang sangat penting dalam perawatan kulit. Utamanya di masa pandemi COVID-19 dan bulan ramadhan.
ADVERTISEMENT
Tak hanya dikonsumsi dalam tubuh, namun vitamin C juga menjadi salah satu nutrisi penting dan dibutuhkan wajah untuk menjaga kulit tetap sehat dan terlindung dari kerusakan.
Hal tersebut disampaikan oleh Dermatologist, dr Indah Widyasari, dalam event Wardah Beauty and Wellness bertajuk Vitamin C for Your Healthy Body and Skin, secara daring, pada Minggu (02/04/2021).
Manfaat Vitamin C untuk Kulit Sehat di Tengah Bulan Puasa (411275)
Wardah Beauty and Wellness. Foto: tangkapan layar acara
Setiap perempuan maupun laki-laki, kata Indah, haruslah memiliki kulit yang sehat. Alasannya, selain karena kulit merupakan lapisan terluar tubuh yang berfungsi sebagai pelindung dari polusi maupun paparan sinar UVA/UVB, juga membuat seseorang lebih percaya diri.
"Penting sekali untuk pria dan wanita sebagai estetika. Kalau kulit sehat maka kita akan lebih percaya diri dan merasa enjoy untuk beraktivitas," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Menurutnya, kulit yang sehat memiliki ciri-ciri cerah dan warna kulit merata. Kemudian permukaan halus, kenyal, elastis, tidak ada masalah kulit, merona, bersinar, dan lembab.
Manfaat Vitamin C untuk Kulit Sehat di Tengah Bulan Puasa (411276)
dr Indah Widyasari (kanan) sebagai narasumber dalam Wardah Beauty & Wellness, pada Minggu (02/04/2021). Foto: tangkapan layar acara
Namun, seiring dengan situasi dan kondisi yang dinamis, berbagai masalah kulit tentu kerap dialami. Mulai dari jerawat karena sering memakai masker, peradangan tangan karena banyak pakai hand sanitizer dan sabun, kulit kering karena berada di ruangan ber-ac terus menerus, premature skin aging karena terpapar UVA/UVB dan layar gadget, dan sebagainya.
Untuk itu, vitamin C menjadi salah satu anti oksidan yang kaya akan manfaat baik bagi kulit. Diantaranya, manfaat vitamin C untuk kulit wajah yang pertama adalah melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.
Kemudian, sebagai salah satu sumber antioksidan yang baik, vitamin C dapat mencegah dan melindungi kerusakan sel dan jaringan kulit akibat paparan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit.
ADVERTISEMENT
Menggunakan produk berbahan dasar vitamin C juga bisa membantu mencerahkan wajah yang terlihat kusam dan menunjang produksi kolagen.
"Di masa pandemi dan bulan ramadhan, perawatan kulit harus tetap dilakukan. Selain mengkonsumsi buah dan sayur, pemberian basic skincare wajah yang mengandung vitamin C juga penting supaya terhindar dari permasalahan kulit," tandasnya.