kumparan
7 Sep 2019 15:22 WIB

Melihat Keindahan 60 Lukisan di Pameran 'Art Menuju Kebersamaan'

Pameran lukisan bertajuk Art Menyatukan Kebersamaan di Hotel Ijen Suites 5-20 September 2019. (Foto: Rezza Doa/Tugu Malang) 
TUGUMALANG.ID - Sebanyak 60 lukisan indah dari beberapa genre tampak berjajar menghiasi lobi hotel. Mulai pemandangan, bunga, wajah pemuka agama, hewan dan beragam lukisan lain tersaji dalam gelaran pameran lukisan bertajuk 'Art Menyatukan Kebersamaan' yang digelar di Ijen Suites Hotel, Kota Malang mulai Kamis (5/9/2019) hingga 20 September mendatang.
ADVERTISEMENT
Pameran itu diikuti oleh 30 seniman lukis dari beberapa kota sekaligus, seperti Kota Malang, Kota Batu, dan Kota Surabaya. "Setiap peserta ini mengirim karyanya lebih dari satu, untuk tema lukisan kita bebaskan tidak harus sama karena seni itu kan kreativitas," terang Suyitno seniman lukis asal Kota Malang.
Tak tanggung-tanggung, dirinya menyatakan bahwa lukisan dalam pameran tersebut ada yang dibanderol mulai dari harga Rp 100 ribu, hingga Rp 25 juta.
"Selain lukisan yang besar untuk di dinding ada juga lukisan untuk sovenir. Sedangkan kenapa harga lukisan itu mahal? Bahkan ada yang mencapai ratusan juta? Karena ide dan kreativitas yang dimiliki orang berbeda, tetapi meskipun harganya mahal kalau sudah suka ya pasti dibeli untuk dimiliki," terangnya.

ADVERTISEMENT
Seniman asal Malang yang sudah 28 tahun bergelut di bidang lukis itu mengatakan jika harga lukisan itu sangat relatif. Tak heran jika di pameran lukisan ia menemukan lukisan dengan harga yang sangat mahal. "Bagi saya itu tidak mahal, karena kreativitas itu kan seni yang berasal dari pemikiran dan imajinasi terus hak cipta itu kan juga mahal ya sebagai bentuk apresiasi," ucapnya.
Mereka mengadakan pameran rutin di berbagai tempat. Seniman lukis ini menggelar pameran seperti di hotel, Balai Kota, Gedung DPRD Kota Malang dan pusat perbelanjaan di Kota Malang. Kegiatan pameran ini juga salah satu bentuk menarik perhartian pemerintah terhadap seniman lukis Kota Malang.
"Ya, dengan diadakan pameran seperti ini kami ingin menunjukkan ke Pemkot kalau Malang memiliki seniman lukis dan semoga Pemkot bisa mewadahi kami memberi tempat yang selama ini masih terbengkalai," terangnya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, salah satu pengunjung pameran seni lukis, Siska Dwi yang berasal dari Yogyakarta mengatakan sangat senang bisa menikmati keindahan lukisan. "Saya datang dari Jogja di mana lingkungan saya itu kental akan kearifan budaya dan banyak seniman yang lahir di Kota saya, Tapi dari sini saya melihat banyak juga seniman yang lahir dari kota Malang dan ini perlu diberi apresiasi untuk setiap karyanya," paparnya.
Reporter: Rezza Doa Lathanza
Editor: Gigih Mazda
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan