News
·
7 Februari 2021 15:22

Peringati HPN, Dewan Pers Dorong Peningkatan Kualitas Jurnalisme di Era Pandemi

Konten ini diproduksi oleh Tugu Malang
Peringati HPN, Dewan Pers Dorong Peningkatan Kualitas Jurnalisme di Era Pandemi (33503)
Paparan Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh.
JAKARTA - Dalam rangka memperingatiHari Pers Nasional 2021 sekaligus mendorong jurnalisme berkualitas di era pandemi. Dewan Pers menggelar webinar bertajuk 'Jurnalisme Berkualitas: Menguatkan Keberlanjutan Profesi Wartawan dan Penerbitan Pers Guna Menyehatkan Demokrasi di Tengah Gempuran Disrupsi Digital', pada Minggu (07/02/2021).
ADVERTISEMENT
Menurut Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh dalam sambutannya, mengatakan tema kali terbilang menarik lantaran membahas bagaimana meningkatkan kualitas jurnalisme meski berada di tengah gempuran disrupsi digital.
"Belajar dari filosofi bilangan kita harus terus menerus membangun kebersamaaan. Esensi kawan pers adalah menjahit bukan mrotoli (merusak,red). Menjahit seluruh kekuatan sehingga jadi baju yang enak dipandang dan memberikan manfaat sebesar besarnya," katanya.
Tak hanya itu, fenomena disrupsi di era digital merupakan sinergi dan konvergensi yang tak bisa dibantah. Sebab, ketepatan dan kecepatan dari berita merupakan esensi utama dari sebuah pemberitaan.
"Di samping itu, melihat apa yang sudah terjadi,mau ndak mau kita harus melakukan transformasi digital. Kalau tidak kita akan habis. Ini tantangan kita (media) di dunia pers yang harus di wujudkan dalam kenyataan," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Pemimpin Redaksi IDN News, Uni selaku moderator menambahkan bahwa sebelum pandemipun, media merupakan pihak yang pertama mengalami disrupsi yang luar biasa. Baik secara bisnis maupun dalam menjalankan tugas jurnalistiknya secara optimal.
"Maka kalau kesejahteraan wartawan tidak baik, maka tidak mungkin menjalankan tugas juarnalistik secara maksimal," tandasnya.
Diketahui, kegiatan yang dihadiri kawan-kawan Pers senusantara dan disiarkan secara langsung melalui YouTube ini juga dihadiri berbagai narasumber berkualitas.
Antara lain, Jend. TNI (Purn) Moeldoko, (Kepala Kantor Staff Kepresidenan RI), Chairul Tanjung (Chairman Cat Corp), Tri Agung Kristanto (Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas), Dahlan Dahi (CEO Tribun Network), Dr. Eriyanto (Dosen dan Sekretaris Program Pascasarjana UI).