News
·
30 Oktober 2020 16:29

Prioritas Keselamatan, Unikama Gelar Wisuda Daring

Konten ini diproduksi oleh Tugu Malang

1397 Peserta Mengikuti Wisuda Daring

Prioritas Keselamatan, Unikama Gelar Wisuda Daring (170823)
Unikama. Foto: Feni Yusnia
MALANG - Pandemi COVID-19 begitu merubah segalanya. Termasuk prosesi wisuda disetiap kampus. Untuk pertama kalinya, Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar prosesi wisuda secara online atau dalam jaringan (daring), pada besok Sabtu (31/10/2020).
ADVERTISEMENT
Ketua Pelaksana Wisuda, Dr Ninik Indawati MPd, mengatakan prosesi wisuda ini akan diikuti sebanyak 1397 calon wisudawan dengan memanfaatkan aplikasi Zoom. Terdiri dari 595 peserta periode ganjil dan 802 periode genap.
Meliputi 20 program studi (prodi), yakni 17 prodi S1 dan 3 prodi S2. "Karena kapasitas Zoom hanya 1000 jadi nanti kita bagi 2 link Zoom dalam waktu bersamaan. Dengan menggabungkan wisudawan di periode ganjil dan genap," jelasnya.
Prioritas Keselamatan, Unikama Gelar Wisuda Daring (170824)
Unikama. Foto: Feni Yusnia
Diakui Wakil Rektor I Unikama, Dr Sudi Dul Aji MSi, bahwa pelaksanaan wisuda kali ini memang berbeda dari sebelumnya. Dimana sebelumnya, peserta mengikuti keseluruhan prosesi secara langsung bersama orangtua. Maka, kali ini, tanpa ada sesi berjabat tangan maupun perpindahan kuncir toga dengan Rektor.
ADVERTISEMENT
Kegiatan diringkas menjadi pembacaan mahasiswa terbaik, sambutan Rektor, dan berlanjut dengan pengukuhan secara simbolis.
Untuk penyerahan ijazah dan toga, pihak Unikama menawarkan dua opsi. Peserta bisa mengambil secara langsung ke kampus dengan menerapkan protokol kesehatan ketat atau meminta pihak kampus untuk mengirimkan ke rumah masing-masing mahasiswa dengan biaya ditanggung universitas.
"Mestinya bulan April (wisuda). Namun karena pandemi kita tunda. Ternyata sampai sekarang belum juga berakhir. Jadi kita jadikan satu di Oktober ini. Kita memilih untuk online supaya tidak ada munculnya klaster baru," ungkapnya
Kendati demikian, Sudi berharap, dengan digelarnya momen berharga ini, tidak akan mengurangi rasa suka cita para peserta. Apalagi, seluruh rangkaian juga bisa disaksikan live streaming melalui akun official Universitas Kanjuruhan Malang.
ADVERTISEMENT
"Walaupun dengan keterbatasan dan kebahagiaan tidak bisa terungkap secara utuh tapi mereka (wisudawan) bisa melihat semua prosesi senat sampai ke ruangan, sampai ke doa secara utuh bersama keluarga, dan itu menjadi keistimewaan tersendiri" jelasnya.(ads)