kumparan
News20 Maret 2019 12:55

Selama Ini Tertinggal, Kepala Desa Harapkan Situs Purba jadi Wisata

Konten Redaksi Tugu Malang
IMG_20190318_132817.jpeg
Proses ekskavasi penemuan benda Purbakala di Pakis, Kabupaten Malang. (foto: Gigih Mazda/Tugu Malang).
TUGUMALANG.ID-Ditemukannya situs purba di Dusun Sekaran, Desa Sekarpuro, Kec Pakis, Kabupaten Malang diharapkan bisa berdampak pada meningkatnya perekonomian warga masyarakat. Untuk itu, lokasi tersebut diproyeksikan sebagai tempat wisata oleh kepala desa setempat.
ADVERTISEMENT
Hal itu diungkapkan oleh Kepala Desa Sekarpuro, Sulirmanto. "Jadi daerah Sekaran ini kan sebenarnya tertinggal jika dibanding daerah lain. Harapannya dengan adanya temuan situs ini bisa mengangkat perekonomian masyarakat daerah sini," terang Sulirmanto.
Ia menuturkan, bahwa pihaknya sedang mengupayakan untuk membuat tempat wisata di lokasi temuan wisata di lijasi STA kilometer 37,7 di proyek jalur tol Pandaan Malang tersebut."Kalau saya inginnya nanti di sini dibuat komplek pertamanan. Kemudian ada tempat wisata air di sana," ujarnya sembari menunjuk sebelah timur situs di samping sungai Amrpong.
Hal itu bukan tanpa alasan, ia beranggapan bahwa di tempat tersebut terdapat beberapa titik sumber air dan berdekatan dengan sungai. Sehingga hal itu memungkinkan untuk membuat taman wisata air atau pemandian.
ADVERTISEMENT
Ia beralasan, bahwa selain meningkatkan perekonomian warga, hal itu juga untuk menjaga tempat cagar budaya situs purba Sekaran tersebut.
"Jadi ini juga untuk melestarikan cagar budaya. Ini kan warisan leluhur," imbuhnya.
Ketika disinggung jika tempat tersebut dimungkinkan juga tak ditetapkan statusnya menjadi cagar budaya, dirinya menyayangkan hal itu. "Wah, kalau saya inginnya jadi cagar budaya. Sebab kami ingin lebih ingin melindungi dan metawat," tandas Sulirmanto.
Untuk diketahui, ekskavasi situs Sekaran tersebut telah dimulai telah dimulai sejak Selasa (12/3/2019) lalu dan dijadwalkan selesai pada Kamis (21/3/2019) besok.
Reporter : Gigih Mazda
Editor : Irham Thoriq
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan