Mom
·
3 November 2020 16:46

Tips Melahirkan dengan Nyaman dan Tenang

Konten ini diproduksi oleh Tugu Malang
Tips Melahirkan dengan Nyaman dan Tenang (461876)
Ilustrasi ibu hamil. Foto: lifespan
MALANG - Ibu hamil sebaiknya mempersiapkan keperluan persalinan pada trimester ke-3 atau 4 minggu sebelum tanggal perkiraan persalinan.
ADVERTISEMENT
Dosen Program Studi Farmasi FKIK UIN Malang, Fidia Rizkiah Inayatilah SST MKeb, membeberkan persiapan yang perlu dilakukan sebelum persalinan. Diantaranya buku KIA, surat-surat penting (BPJS, JKN, KTP, dan Kartu Keluarga), dana persalinan, dan keperluan ibu dan bayi di Rumah Sakit.
"Buku KIA wajib dibawa karena di dalam buku itu memuat secara lengkap riwayat pemeriksaan ibu hamil. Baik pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang atau laboratorium selama kehamilannya. Dari sini nanti bidan dapat mengetahui riwayat ibu hamil dan dapat merencanakan tindakan yang akan dilakukan," katanya.
Tips Melahirkan dengan Nyaman dan Tenang (461877)
Fidia Rizkiah. Foto: dok
Dia mengimbau, ibu hamil sebaiknya melakukan olahraga secara teratur dengan durasi 30-45 menit saat mulai masuk trimester 2 karena dapat membuat ibu hamil lebih rileks dan nyaman. Sehingga, akan berpengaruh positif terhadap perkembangan janin di dalam rahim.
ADVERTISEMENT
"Ada banyak manfaat jika ibu rutin melakukan olahraga selama masa kehamilan. Diantaranya dapat mengontrol berat badan, mengurangi rasa sakit, memperlancar persalinan, mengurangi komplikasi saat melahirkan, dan mempersiapkan mental ibu," terangnya.
Dia menegaskan, kondisi ibu hamil harus dalam keadaan baik dan normal ketika tengah melakukan olahraga. "Untuk ibu hamil, olahraga yang baik dilakukan adalah senam hamil, yoga, renang, dan jalan pagi," bebernya.
Menurutnya, senam hamil sangat baik dan dianjurkan guna menjaga kesehatan fisik dan mental ibu. Baik di masa kehamilan dan saat persalinan nantinya.
Selain itu, dengan melakukan yoga, dapat meregangkan otot-otot yang tegang, melatih pernafasan, fleksibilitas, dan melatih emosi.
"Renang juga dianjurkan. Dapat merelaksasi ibu hamil karena latihan fisik dilakukan di air. Sangat baik untuk mengatasi pegal pada panggul, tulang ekor, lengan, paha," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Sedangkan jalan pagi, lanjut dia, merupakan salah satu olahraga yang paling sederhana. Dapat membantu melancarkan peredaran darah dan menstimulasi pergerakan otot supaya rileks.
Tak lupa, Fidia membagikan tips persalinan secara nyaman untuk ibu hamil. Diantaranya tetap rileks dan selalu berdoa, menyiapkan energi untuk menghadapi persalinan, mengkonsumsi asupan nutrisi yang baik saat melahirkan, kenali kehamilan, perencanaan tempat untuk persalinan, dan pahami tanda-tanda persalinan.