Mom
·
15 September 2020 18:22

Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak saat Belajar Daring

Konten ini diproduksi oleh Tugu Malang
Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak saat Belajar Daring (28491)
Bragastio Sidharta. Foto: dok
MALANG - Pandemi COVID-19 mengharuskan anak-anak belajar di rumah menggunakan sistem daring. Hal ini membuat anak lebih sering melihat layar gadget. Dimana berefek pada kesehatan mata si buah hati.
ADVERTISEMENT
Dokter Spesialis Mata, Bragastio Sidharta SpM MSc, menjelaskan dampak memakai gadget dalam waktu lama. "Akan mengakibatkan kelelahan pada mata. Dalam bahasa kedokteran biasa disebut dengan istilah asthenofia," jelasnya.
Adapun tanda asthenofia yaitu mata terasa pedih, mengganjal, penglihatan buram, berair, kemeng, mata kemerahan, pundak terasa pegal, dan sakit kepala.
Untuk mengurangi dampak tersebut, dia menyarankan agar orang tua memberikan laptop atau komputer dengan layar yang lebar kepada anak. Bukan handphone.
"Tulisan menjadi tidak terlalu kecil seperti di handphone. Sehingga mata tidak terlalu lelah berakomodasi," jelasnya.
Selain itu, lanjutnya, penggunaan laptop atau komputer bertujuan agar orang tua lebih mudah mendampingi anak belajar. "Tempatkan laptop atau komputer di ruang keluarga, bukan dikamar anak. Sehingga lebih mudah mengontrol," sarannya.
ADVERTISEMENT
Dia merekomendasikan, agar orang tua tidak memberikan handphone pada anak.
"Saya yakin belajar daring dengan sekolah hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Kalau tidak diawasi, anak akan menyalahgunakan gadget untuk game dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, pendampingan anak oleh orang tua sangat penting dilakukan," ucap dokter yang bekerja di RS UMM ini.
Tak lupa, dia membagikan tips makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata, yaitu makanan yang mengandung antioksidan dan omega 3.
"Antioksidan banyak terdapat pada makanan buah dan sayur. Omega 3 banyak terdapat pada ikan, terutama ikan laut," pungkasnya.