Tugu Media Group Bagikan Ratusan Paket Buka Puasa dan Gula ke Warga Kota Malang

Konten Media Partner
23 April 2022 7:27
·
waktu baca 9 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pengendara sepeda motor tampak semringah mendapatkan paket buka puasa dan gula yang diberikan Tugu Media Group, pada Jumat (22/04/2022). Foto: Dwi Lindawati
zoom-in-whitePerbesar
Pengendara sepeda motor tampak semringah mendapatkan paket buka puasa dan gula yang diberikan Tugu Media Group, pada Jumat (22/04/2022). Foto: Dwi Lindawati
ADVERTISEMENT
MALANG – Tugu Media Group melalui Tugu Media Peduli kembali melakukan kegiatan sosial bertajuk "Ramadhan Lebih Bermakna Dengan 1.000 Nasi Jumat Barokah".
ADVERTISEMENT
Perusahaan media siber yang membawahi tugumalang.id dan tugujatim.id ini, membagikan 100 makanan buka puasa, 100 takjil, dan 100 kg gula kepada warga Kota Malang yang sedang berada di jalan, pada Jumat (22/4/2022). Hanya dalam waktu 20 menit saja, ratusan paket itu ludes diserbu warga.
Masih seperti tahun sebelumnya, kegiatan sosial ini hadir berkat dukungan dari donatur asal Bogor, Retno Setiasih. Dia kirim sejumlah uang ke Tugu Media Group pada Kamis (21/04/2022) dan menyerahkan sepenuhnya kepada tim Tugu Media Group untuk membelikan makanan dan minuman untuk berbuka puasa serta tempat penyalurannya.
“Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Tugu Media Group yang telah membantu menyalurkan bantuan dari kami sekeluarga. Ini seperti tahun sebelumnya," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Retno juga merasa puas dengan apa yang dilakukan tim Tugu Media Group pada tahun lalu dengan membantu menyalurkan bantuan.
"Kami sekeluarga merasa puas dengan apa yang dilakukan Tim Tugu Media Group pada tahun lalu yakni membantu menyalurkan sumbangan kami. Karena itu, tahun ini kami kembali memberikan amanah kepada Tugu Media Group untuk melakukan hal yang sama,” ujar wanita yang pernah sekitar tiga tahun bekerja di Bank Indonesia Malang ini.
Dia menjelaskan ini akan menjadi agenda rutin setiap tahun saat Ramadhan. "Kegiatan sosial ini insyaallah rutin kami lakukan selama bulan Ramadhan. Tujuannya ikut berbagi rasa syukur dan kebahagiaan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkannya," jelasnya.
Dia juga mengapresiasi Tugu Media Group karena sudah menggandeng dan bekerja sama dengan komunitas difabel di Malang, khususnya Difabel Creative Community (DC²) karena dengan keterbatasan, mereka mampu diberikan amanah dan melaksanakannya dengan baik.
ADVERTISEMENT
"Mudah-mudahan tahun ini seperti tahun lalu, kegiatan sosial ini selalu diberikan kelancaran," harapnya.
Diapun berharap bantuan untuk masyarakat ini bermanfaat untuk mereka yang menerima. "Semoga semua bantuan yang kami berikan bermanfaat buat semua penerimanya. Juga agar sesama yang memiliki rezeki tergerak melakukan hal serupa, bahkan lebih dari itu," harapnya.
Ibu dari dua anak itu sangat mengapresiasi tim Tugu Media Group yang setiap Jumat membagi-bagikan aneka makanan dan minuman untuk buka puasa serta kebutuhan lainnya. Dia yakin hal itu sangat bermanfaat buat penerimanya.
Diapun senang melihat semangat tim Tugu Media Group membagi-bagikan semua itu kepada mereka yang membutuhkan. Karena itu, ibu dari Alira Vania Putra Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana ini, memberi amanah ke Tugu Media Group untuk menyalurkan bantuannya.
ADVERTISEMENT
"Saya merasa senang karena kegiatan sosial yang dilakukan Tugu Media Group ini sangat bermanfaat untuk masyarakat. Apalagi dibagikannya pas Ramadhan seperti sekarang ini," ucapnya.
Pegawai Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta itu menilai penerimanya tepat sasaran yakni mereka yang memang membutuhkan, terutama yang terkena dampak pandemi COVID-19.
Bahkan, Retno memuji tim Tugu Media Group dan komunitas DC² yang pintar memilih sasaran penerima bantuan darinya. Jadi sumbangan yang diberikan terasa sekali manfaatnya.
"Apresiasi saya sampaikan kepada Tugu Media Group dan komunitas DC2 karena sudah tepat sasaran menyalurkan bantuannya. Sangat terasa sekali manfaatnya seperti testimoni-testimoni yang diberikan oleh para penerima. Bahkan senang sekali melihat senyum mereka ketika mendapatkan menu buka puasa dan bahan kebutuhan pokok," katanya.
ADVERTISEMENT
Retno sekeluarga juga bertekad hingga akhir Ramadhan setiap Jumat bakal terus menyalurkan sumbangannya melalui tim Tugu Media Group. Mengenai penerimanya, sepenuhnya diserahkan kepada tim yang menyerahkan langsung bantuan itu. Perempuan asal Salatiga, Jawa Tengah, itu berencana setiap Ramadhan melakukan kegiatan serupa. Amanah penyalurannya tetap diberikan kepada tim Tugu Media Group.
Dia tetap memilih Kota Malang sebagai tempat menggelar kegiatan sosialnya karena memiliki ikatan emosional. Sebab, bagi Retno, Kota Malang adalah tempatnya berjuang meniti karir profesionalnya setelah lulus dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada 1992.
Bekerja Sama dengan Tugu Media Group dan Komunitas Difabel, Berupaya Geliatkan UMKM di Malang
Proses menyiapkan ratusan makanan buka puasa yang diselenggarakan Tugu Media Group pada Jumat (22/04/2022). Foto: Dwi Lindawati
zoom-in-whitePerbesar
Proses menyiapkan ratusan makanan buka puasa yang diselenggarakan Tugu Media Group pada Jumat (22/04/2022). Foto: Dwi Lindawati
Suasana Jumat sore ini (22/04/2022) memang agak terlihat riuh di Jalan Kakaktua Selatan No 26, Kecamatan Sukun, Kota Malang, tepatnya di sekretariat komunitas DC². Beberapa difabel tampak bahu-membahu menyiapkan menu buka puasa untuk dibagikan kepada masyarakat, termasuk juga menyiapkan 100 kg gula sebagai pelengkapnya.
ADVERTISEMENT
Rasa lelah memang mereka rasakan, tapi hal itu tak menyurutkan niat untuk berbagi makanan buka puasa untuk masyarakat secara tepat waktu. Dengan menggandeng DC², tim relawan Tugu Media Peduli yang dikoodinatori editor tugujatim.id, Dwi Lindawati berusaha untuk memberdayakan UMKM yang ada di Kota Malang dengan memesan makanan, takjil, hingga kebutuhan pokok yang diberikan kepada warga.
Dwi Lindawati mengatakan, Ramadhan tahun ini dikemas dengan cara turun membagikan makanan dan minuman untuk berbuka puasa langsung di jalan raya. Selain itu, pihaknya juga membagikan bahan kebutuhan pokok, seperti minyak goreng maupun gula.
"Kalau tahun lalu, kami berbagi dengan penghuni panti asuhan hingga warga pondok pesantren di Kota Malang," ujarnya.
Dia mengatakan, pihaknya sampai menggunakan angkot untuk membagikan 100 makanan buka puasa, 100 takjil, dan 100 kg gula. "Bahkan, saat kami memarkirkan angkot, warga berduyun-duyun datang dan menyerbu," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
"Tadi sempat ketir-ketir warga bakalan berkerumun dan menyerbu kami. Sebenernya senang dengan antusias warga, tapi kami juga harus membagikannya kepada orang-orang yang tepat karena ini adalah amanah dari Tugu Media Group dan donatur," imbuhnya.
Selain itu, Linda mengatakan, selain menyasar masyarakat yang membutuhkan untuk mendapatkan menu buka puasa, pihaknya juga berusaha untuk memberdayakan dan menggeliatkan UMKM-UMKM di Kota Malang.
"Meski masih sedikit yang kami lakukan, tapi setidaknya ini adalah bagian dari upaya atau ikhtiar kami untuk menggeliatkan UMKM di Malang. Caranya dengan memesan makanan, takjil, maupun sembako dari mereka. Ya, mudah-mudahan dari yang sedikit ini bisa membawa berkah buat semuanya," harap perempuan penyuka warna hijau ini.
Penarik Sampah, Pengamen, hingga Abang-Abang Tambal Ban Ucapkan Terima Kasih Dapat Makanan hingga Gula
Pengamen juga mendapatkan menu buka puasa dari Tugu Media Group, pada Jumat (22/04/2022). Foto: Dwi Lindawati
zoom-in-whitePerbesar
Pengamen juga mendapatkan menu buka puasa dari Tugu Media Group, pada Jumat (22/04/2022). Foto: Dwi Lindawati
Dwi Lindawati mengatakan, untuk tahun ini ingin lebih dekat dengan masyarakat apalagi kasus COVID-19 juga sudah melandai, jadi para difabel ini membagikannya langsung di jalan raya.
ADVERTISEMENT
“Tentunya kami ingin berbagi kepada para pejuang keluarga yang sedang pulang usai bekerja maupun orang-orang yang kekurangan. Selain itu, hari ini kami membagikan ke tukang tambal ban, penarik sampah, pengamen, maupun masyarakat yang membutuhkan,” katanya.
Menurut dia, karena tahun ini menjadi tahun yang serba sulit, mulai dari perekonomian sulit hingga bahan kebutuhan pokok yang merangkak naik sehingga membuat kegiatan ini sebagai salah satu wujud kepedulian untuk meringankan beban masyarakat dengan memberikan minyak goreng secara gratis.
“Paket menu buka puasa kali ini selalu bervariasi agar tidak bosan. Selain ada 100 nasi kotak, 100 takjil, juga ada 100 kg gula yang dibagikan secara gratis,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua DC2, Sutarno mengatakan merasa bangga karena komunitasnya kembali diberikan amanah untuk kegiatan sosial bersama Tugu Media Group. Dia mengatakan, tidak mudah mendapatkan kepercayaan dari media maupun para donatur.
ADVERTISEMENT
"Kami tentu merasa bangga bisa diberikan kepercayaan lagi. Meski kami difabel, tapi bisa menjalankan amanah dan tantangan untuk membuktikan bahwa kami bisa melakukan kegiatan sosial juga seperti masyarakat pada umumnya. Meski memiliki kekurangan, tapi niat kami untuk berbagi tak pernah berkurang. Malahan selalu antusias dan kompak untuk menyiapkannya. Sekali lagi terima kasih kepada Tugu Media Group dan Bu Retno yang sudah kembali memercayakan kepada kami," ucap ayah dari satu anak ini.
Suasana Ramadhan sore ini juga diwarnai banyak senyuman dari para penerima bantuan meski sempat membuat macet jalanan. Seperti salah satu penarik sampah, Darmin (54). Warga Sukun, Kota Malang, ini tak berhenti mengumbar senyum ketika mendapatkan makanan buka puasa dan gula.
ADVERTISEMENT
Dia tampak bahagia dan menyalami berkali-kali anggota difabel. Dia mengucapkan rasa syukur karena menjadi salah satu penerima bantuan ini.
"Terima kasih banyak ya. Seneng banget, sangat bermanfaat sekali ini. Semoga dilancarkan rezekinya terus," ucapnya, sambil terus mengumbar senyum dan mengucapkan terima kasih.
Istimewanya dalam kegiatan sosial kali ini, juga ada dua santri bernama Abdur Rohman (21) dan Burhanuddin Ramli (26) yang jauh-jauh rela mengambil makanan buka puasa dari Kepanjen ke Sukun Kota Malang. Santri Pondok Pesantren Luhur Baitul Hikmah, Jalan Sadru, Ngempit, Tegalsari, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, ini memang sengaja direkomendasikan untuk mendapatkan puluhan paket ini.
"Kami sangat senang sekali bisa menikmati buka puasa yang luar biasa, yang ngasihpun orang-orang baik. Teman-teman senang sekali," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Dia pun berharap semoga kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan. "Kegiatan ini tidak ada yang kurang, bahkan ini luar biasa menurut kami. Harapannya ke depan Tugu Media Group tetap melakukan kebaikan tanpa menjauh dari sisi kemanusiaan," katanya sambil menata makanan untuk menuju ke Kepanjen.
Tugu Media Group Bersyukur Dipercaya Donatur Kembali
Tim Tugu Media Group dan komunitas DC² memberikan secara simbolis makanan buka puasa kepada santri di Kepanjen, Kabupaten Malang, di daerah Sukun, Kota Malang, Jumat (22/04/2022). Foto: dok
zoom-in-whitePerbesar
Tim Tugu Media Group dan komunitas DC² memberikan secara simbolis makanan buka puasa kepada santri di Kepanjen, Kabupaten Malang, di daerah Sukun, Kota Malang, Jumat (22/04/2022). Foto: dok
Ramadhan 2022 ini, Tugu Media Peduli memang tak mengurangi aktivitas sosialnya. Justru mereka ingin selalu menebarkan kebaikan bagi masyarakat. Perusahaan media yang berkantor di Jalan Dirgantara 1A, 12 B, Kota Malang, ini juga sangat merasa bangga dan terharu karena ada banyak donatur tetap memberikan kepercayaannya untuk melaksanakan berbagai acara sosial yang positif selama Ramadhan 2022.
Selain itu, Tugu Media Group sedikit banyak telah menginspirasi para donatur lainnya untuk berlomba-lomba dalam kebaikan, apalagi di bulan suci ini. Kegiatan tersebut makin melengkapi operasi kemanusiaan bagi para korban gempa Malang Raya dan sekitarnya yang pernah digalang dan digelar oleh Tugu Media Peduli.
ADVERTISEMENT
CEO Tugu Media Group, Irham Thoriq mengutarakan rasa senang dan bangganya karena perusahaan media situs berita (siber) ini kembali mendapatkan kepercayaan dari donatur dalam mengadakan kegiatan sosial.
Di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang mulai memasuki masa endemi dan pemulihan ekonomi ini, Thoriq mengatakan bahwa dukungan tersebut patut diapresiasi sekaligus disyukuri.
“Terima kasih kepada Bu Retno Setiasih, istri dari Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional, Dr Aqua Dwipayana yang sudah memercayakan donasi serta sedekahnya kepada kami untuk disalurkan kepada warga Kota Malang,” ujar alumnus UIN Malang Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) ini.
Thoriq menambahkan, kegiatan rutin di bulan Ramadhan ini luar biasa karena masih banyak saudara kita di luar sana yang kesusahan karena pandemi COVID-19 hingga terdampak harga kebutuhan pokok yang terus melambung.
ADVERTISEMENT
“Insyaallah, program ini akan digelar setiap Jumat selama Ramadhan. Dan terima kasih kepada komunitas DC² yang mau bahu-membahu bersama kami menyalurkan amanah ini. Mengapa kami memilih komunitas ini? Karena DC² itu komunitas difabel yang cukup aktif bergerak dalam bidang sosial dan selama ini sangat kredibel. Selain itu, mereka juga banyak melakukan kegiatan sosial secara mandiri,” jelasnya.
Thoriq berharap, kegiatan berbagi berkah itu selalu bisa menginspirasi orang lain maupun para donatur untuk berlomba-lomba dalam menebar kebajikan.(*)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020