News
·
26 Agustus 2020 11:01

Ujian Jalur Mandiri UIN Malang Gunakan Sistem Online

Konten ini diproduksi oleh Tugu Malang
Ujian Jalur Mandiri UIN Malang Gunakan Sistem Online (531598)
Ujian masuk di UIN Malang. (Foto: Dokumen)
Malang - Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang akan melaksanakan ujian mandiri tahun 2020 yang merupakan jalur terakhir masuk perguruan tinggi. Ujian jalur mandiri akan dilakukan secara daring ataupun online dengan menggunakan aplikasi Zoom.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, UIN Malang telah melakukan ujian dengan sistem daring yaitu pada jalur SNMPTN, SBMPTN, SPANPTKIN, dan UMPTKIN.
Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. M. Zainuddin, MA mengatakan dalam pelaksanaan ujian mandiri agar seluruh panitia bersikap jujur, adil dan tetap melaksanakan protokol kesehatan.
"Saya telah memberikan pengarahan langsung kepada panitia operator dan penguji untuk melakukan tanggung jawab pelaksanaan ujian mandiri dengan baik," ucap Zainuddin.
Di tengah pandemi COVID -19 UIN Malang tetap menjalankan seleksi penerimaan mahasiswa baru, meskipun dengan keadaan yang berbeda. Pelaksanaan ujian dengan menggunakan sistem daring guna mendapatkan calon mahasiswa baru yang bermutu dan kualitas.
Ujian Jalur Mandiri UIN Malang Gunakan Sistem Online (531599)
Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. M. Zainuddin. (Foto: Dokumen)
“UIN Maliki melalui panitia seleksi online tetap melakukan selesksi dengan interview meski dilakukan secara daring,” terangnya.
ADVERTISEMENT
Zainuddin menyebutkan untuk menghasilkan input mahasiswa yang bermutu maka proses seleksi jalur mandiri secara online harus dilakukan dengan baik.
Dia menegaskan untuk seluruh dewan penguji tidak diperbolehkan melakukan permainan kelulusan, terlebih titipan calon mahasiswa baru.
“Jadi, hindari semua itu, dan mari bekerja sama untuk mencari input yang baik melalui proses yang baik,”bebernya.
Sementara itu, Ketua Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Imam Ahmad menambahkan agar seluruh operator menyiapkan lima hal penting selama pelaksanaan ujian berlangsung.
" Jadi, seluruh operator harus menyiapkan laptop dalam keadaan baik, melakukan validasi terhadap peserta ujian, mengatur dan ikut mengontol jalannya ujian, serta melakukan record selama ujian berlangsung,"pungkasnya.
Adapaun tata cara pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yaitu setiap operator dan penguji harus menyerahkan berita acara setelah ujian dinyatakan selesai. Sebab, perekaman hasil ujian, sebagai pengganti bukti jika terjadi hal yang tidak diinginkan dari pihak orang tua maupun dari pserta ujian. (ads)
ADVERTISEMENT