Mindfulness, Solusi Tepat untuk Tetap Bugar

Saat ini saya merupakan mahasiswa S1 Psikologi di Universitas Negeri Malang
Konten dari Pengguna
30 November 2022 19:43
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari uly dahniar tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ilustrasi bugar. Foto: woman running/Pexels
zoom-in-whitePerbesar
ilustrasi bugar. Foto: woman running/Pexels
ADVERTISEMENT
Apakah Anda pernah merasa bahwa satu hari terkadang terasa begitu singkat? Apakah Anda merasa aktivitas yang terlalu padat? Sehingga aktivitas yang terlalu padat tersebut menyebabkan Anda tidak merasakan adanya istirahat yang tenang? Apakah tujuh hari dalam satu minggu terasa kurang bagi Anda?
ADVERTISEMENT
Di era modern ini, terlebih kehidupan di perkotaan, pastinya ada individu yang memiliki banyak aktivitas dalam satu hari. Individu yang selalu menyibukkan diri dengan banyak hal, contohnya dengan banyak melakukan aktivitas pengembangan diri atau melakukan banyak interaksi sosial. Kegiatan ini terkadang membuat individu tersebut mengabaikan hal lain demi memenuhi tujuan mereka dan sudah menjadi hal yang biasa saja di era sekarang.
Mengingat tingkat persaingan yang tinggi, banyak individu menargetkan beberapa hal dalam kurun waktu yang singkat. Individu tersebut sampai memforsir dirinya untuk mencapai target-target yang ditetapkan sendiri. Sebagian besar individu melakukan hal tersebut untuk mencapai kepuasan hidup.
Menurut Van Beuningen (2012), kepuasan hidup meliputi kepuasan terhadap kondisi-kondisi tertentu seperti yang diinginkan, yang luar biasa, perasaan bahagia, dan tentu saja pada sesuatu yang belum ada pada diri seorang individu. Untuk mencapai apa yang dituju, tentu saja diperlukan tubuh yang sehat.
ADVERTISEMENT
Tubuh manusia merupakan susunan dari beberapa bagian organ yang akhirnya menjadi satu kesatuan yaitu tubuh manusia. Organ di dalam tubuh manusia saling terhubung satu sama lain. Tubuh memiliki alur kerjanya masing-masing yang tersusun oleh beberapa sistem, salah satunya yaitu sistem motorik. Sistem motorik bertanggung jawab atas gerakan yang ada pada tubuh. Semua hal yang berhubungan dengan tubuh tentu saja tak luput dari pengendali tubuh itu sendiri yaitu otak. Otak Mengatur semua aktivitas tubuh mulai dari organ hingga sistemnya. Jadi apabila tubuh kita melakukan banyak aktivitas yang melelahkan, otak juga akan mengalami kelelahan.
Ketika kita melakukan kegiatan, maka sistem di dalam tubuh kita akan melakukan pekerjaan tanpa henti. Apabila kita tidak melakukan jeda, maka sistem tersebut akan bergerak secara terus-menerus. Ketika kita melakukan banyak hal secara bersamaan, hal ini akan menambah beban yang ada pada otak kita yang akan berdampak pada kelelahan lahir dan batin. Tidak fisik saja yang kelelahan, namun mental juga ikut merasakan kelelahan yang luar biasa. Maka dari itu diperlukan mindful untuk mengurangi tingkat beban yang ada.
ADVERTISEMENT
Apa yang dimaksud dengan mindful? Mindfulness itu apa, sih? Mindfulness berasal dari kata 'sati' yang memiliki makna kesadaran, perhatian, dan mengingat. Mindfulness berarti sadar penuh hadir utuh dalam keadaan saat ini. Dengan kata lain, yaitu menyadari apa yang sedang terjadi saat ini atau yang sedang berlangsung tanpa memikirkan hal lain. Jadi, pikiran kita hanya terfokus penuh mengenai apa yang terjadi saat ini.
Mindfulness bukan berarti pasrah, namun lebih ke sikap menerima apa yang sedang terjadi tanpa membuat narasi-narasi yang menyenangkan yang belum tentu dapat dicapai.
Jadi bagaimana, apakah sudah bisa dipahami?
Contohnya, ketika Anda akan menjadi MC di suatu acara besok pagi. Akan tetapi, Anda memikirkan hal itu terus-menerus sehingga muncul perasaan gugup pada diri Anda sedangkan saat ini anda masih mengikuti kelas dalam perkuliahan. Untuk menerapkan mindful ini, Anda perlu mengatur napas terlebih dahulu untuk kembali fokus pada kelas.
ADVERTISEMENT
Di tengah banyaknya aktivitas yang dilakukan maka perlu istirahat untuk mengembalikan energi yang telah terbuang. Namun apabila kita terus melakukan aktivitas tanpa adanya jeda, maka akan menimbulkan dampak yang kurang baik bagi tubuh.
Dampak yang kurang baik tersebut seperti hilangnya kebugaran pada tubuh. Apabila kehilangan kebugaran pada tubuh, maka akan menyebabkan mudah lelah dan berujung menjadi perasaan kurang enak badan. Oleh karena itu, diperlukan jeda sejenak dalam segala aktivitas yang sedang dilakukan, meskipun hanya dengan menarik napas panjang dengan menerapkan mindful. Berikut tips penerapan mindful di tengah kesibukan aktivitas agar tetap bugar:
Melakukan mini meditasi sebelum memulai aktivitas
ilustrasi meditasi. Foto: yoga/Pexels
zoom-in-whitePerbesar
ilustrasi meditasi. Foto: yoga/Pexels
Melakukan peregangan maupun yoga sebelum melakukan aktivitas yang padat untuk tetap menjaga kebugaran Anda.
ADVERTISEMENT
Memilih waktu tenang dalam satu hari untuk jeda sejenak dari kegiatan
ilustrasi burung. Foto: kicauan burung/Pexels
zoom-in-whitePerbesar
ilustrasi burung. Foto: kicauan burung/Pexels
Memiliki waktu tenang beberapa menit dalam sehari diperlukan untuk menerapkan mindful. Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk menyadari pernafasan Anda atau mungkin untuk mengamati suara burung. Bisa juga dengan duduk dan merasakan apa yang Anda rasakan.
Menyadari apa yang sedang dilakukan
ilustrasi menyadari yang sedang dilakukan. Foto: read book/Pexels
zoom-in-whitePerbesar
ilustrasi menyadari yang sedang dilakukan. Foto: read book/Pexels
Maksud dari menyadari apa yang sedang dilakukan yaitu misalnya sedang berjalan, maka fokus kita tertuju pada jalan kaki dan menyadari bahwa kita sedang melakukan jalan kaki tanpa memikirkan hal-hal lain. Fokus pada bagaimana tempo kita berjalan, bagaimana tempo napas kita, apa yang kita lewati, dan sebagainya.
Berpegang pada konsep kemarin adalah sejarah, besok adalah misteri, dan hari ini merupakan suatu anugerah sudah merupakan penerapan mindful dalam kehidupan. Memiliki tujuan hidup tentu saja merupakan suatu hal yang bagus. Namun, apabila terlalu fokus hingga mengabaikan kesehatan pada diri sendiri sudah tidak bisa dikatakan wajar lagi. Oleh karena itu, jangan lupa selalu menjaga kesehatan untuk masa depan penuh misteri yang sedang menanti di depan. Semoga sehat menyertai Anda dan semangat!
ADVERTISEMENT
Referensi
Alidina, S. (2010). Mindfulness for dummies. John Wiley & Sons.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020