Ekonomi Sumsel Triwulan II Tumbuh 5,18 Persen

Konten Media Partner
6 Agustus 2022 18:49
·
waktu baca 1 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Produksi pempek di kampung Tangga Raja Kelurahan 7 Ulu Kecamatan Seberang Ulu 1 Palembang. (Foto: Ary Priyanto/Urban Id)
zoom-in-whitePerbesar
Produksi pempek di kampung Tangga Raja Kelurahan 7 Ulu Kecamatan Seberang Ulu 1 Palembang. (Foto: Ary Priyanto/Urban Id)
ADVERTISEMENT
Pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan (Sumsel) pada triwulan ke 2 tahun ini mencapai 5,18 persen. Pertumbuhan itu banyak dipengaruhi oleh sektor usaha dan konsumsi rumah tangga.
ADVERTISEMENT
Kepala BPS Sumsel, Zulkipli, menyebut jika dibanding triwulan sebelumnya quarter to quarter mencapai 4,37 persen. Dari sisi lapangan usaha, pertumbuhan ekonomi Sumsel didorong sejumlah sektor.
“Mulai dari perdagangan, industri pengolahan dan pertanian. Sedangkan dari komponen pengeluaran dipengaruhi oleh konsumsi rumah tangga yang menjadi penyokong tertinggi,” katanya.
Zukipli bilang, banyak faktor yang mempengaruhi tinggi konsumsi rumah tangga, salah satunya momen Ramadhan dan Idul Fitri yang berkontribusi cukup besar.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sektor usaha dan penyediaan akomodasi seperti makanan dan minuman pada momen ini juga meningkat pesat. “Konsumsi rumah tangga mencapai 4,19 persen,” katanya.
Sementara itu, pertumbuhan dari sisi produksi, lapangan usaha penyediaan akomodasi dan makan minum mengalami pertumbuhan 18,61 persen.
Dari sisi pengeluaran pertumbuhan komponen tertinggi ekspor luar negeri sebesar 12,32 persen.
ADVERTISEMENT
Perekonomian Sumsel dilihat dari besaran produk domestik regional bruto atau PDRB atas dasar harga pada triwulan kedua mencapai Rp 142,81 triliun.
Sementara dari sisi pengeluaran, komponen pengeluaran pemerintah mengalami pertumbuhan sebesar 20,83 persen.