News
·
13 Februari 2021 19:11

Jalan Lintas di Sumsel Putus Akibat Longsor

Konten ini diproduksi oleh Urban Id
Jalan Lintas di Sumsel Putus Akibat Longsor (878267)
searchPerbesar
Jalan lintas di Desa Lubuk Sepang Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel) amblas akibat longsor. (Foto. Istimewa)
Jalan lintas di Desa Lubuk Sepang Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel) amblas akibat longsor dengan kedalaman 3 meter dan panjang 15 meter. Jalan ini tidak dapat dilalui dan pengendara diimbau untuk melintasi jalan alternatif.
ADVERTISEMENT
Kabid Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Ansori, mengatakan amblasnya jalan cukup parah dan pengendara diimbau untuk tidak memaksakan diri melintas di jalan ini.
“Untuk sementara jalan tidak bisa dilalui, petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Lahat, Dinas Perhuhubgan, dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) telah turun langsung ke lapangan,” katanya, Sabtu (13/2).
Ansori bilang, jalan ini menghubungkan antara Kabupaten Lahat dan Kota Pagar Alam. Amblasnya jalan akibat intensitas hujan yang tinggi sejak Jumat (12/2).
“Arus jalan sementara dipindahkan ke lalu lintas dari arah Pagar Alam menuju Kabupaten Lahat. Jalan nasional ini akan dilakukan perbaikan oleh BPJN,” katanya.
Camat Pulau Pinang, Erlambang mengatakan, intensitas hujan di lokasi memang cukup tinggi dan dalam waktu yang cukup lama. Pihaknya mengimbau agar pengendara mencari jalan alternatif.
ADVERTISEMENT
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang menginformasikan kondisi cuaca pada hari ini melalui http://www.bmkg.go.id. Kondisi cuaca di Sumsel disebutkan masih berpotensi terjadi hujan lebat yang disertai kilat, petir dan angina kencang.
Seperti kawasan, Ogan Ilir meliputi Pemulutan, Pemulutan Barat, Pemulutan Selatan, Lubuk Keliat, dan Muara Kuang. Kabupaten Muara Enim sekitar Tanjung Agung, Lubai, Lubai Ulu dan Semendo Darat Laut. Kabupaten OKU yaitu Baturaja Timur, Lubuk Raja, SB Rayap dan Lengkiti.
Selain itu, Kabupaten OKI yaitu Tulung Selapan, Pangkalan Lapam, Pampangan, Pedamaran, Sungai Menang, Cengal, Pedamaran Timur, Mesuji Makmur dan Air Sugihan. Kabupaten Banyuasin seperti Muara Telang, Air Kumbang, Pulau Rimau, Tanjung Lago, Rantau Bayur, Betung, Banyuasin I dan Banyuasin II.
ADVERTISEMENT
Kabupaten Musi Banyuasin meliputi Bayung Lencir, Tungkal Jaya, Lais, Lalan, Batanghari Leko, Sungai Keruh, Sekayu dan sekitarnya. Kondisi hujan dapat meluas ke sebagian wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara meliputi Nibung, Rawas Ilir dan Karang Dapo. Kabupaten PALI seperti Talang Ubi, Penukal Utara dan Penukal, termasuk kota Palembang dan sekitarnya. (eno)