Pencarian populer
PUBLISHER STORY
4 Maret 2019 20:48 WIB
0
0

Menhub Beri Diskon Mahasiswa yang Naik LRT

Menhub Budi Karya bersama Gubernur Sumsel Herman Deru saat mencoba BRT di Sumsel (Urban Id)

Guna meningkatkan penggunaan transportasi massal di Provinsi Sumsel, Kementerian Perhubungan sudah menerapkan moda transportasi yang terintegrasi. Khusus bagi mahasiwa, pemerintah memberikan diskon sehingga tarifnya lebih terjangkau.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi mengatakan, LRT Sumsel saat ini sudah bisa terintegrasi dengan Bus Rapid Transit (BRT). Bus yang disediakan yaitu Trans Musi dan Damri. Untuk dapat menikmati fasilitas moda transportasi terintegrasi itu, masyarakar bisa menikmati LRT hingga Stasiun LRT DJKA di Jakabaring, disinilah terintegrasi dengan BRT.

"Jadi akan ada BRT di Stasiun LRT DJKA dan akan diberikan tiket integrasi atau tiket terusan kepada penumpang. Khusus penumpang yang merupakan mahasiswa yang hendak ke Kampus Indralaya cukup naik Damri harga tiketnya hanya Rp7.000 per orang," katanya di Palembang, Senin (4/3)

Menurutnya, untuk Trans Musi bisa dari semua stasiun yang ada kecuali Bandara. Sedangkan kalau Damri hanya dari Stasiun DJKA ke Indralaya (Unsri). Sementara untuk Damri bisa untuk Mahasiswa dan Umum. Untuk Mahasiswa tarifnya hanya Rp7.000 (Rp5.000 untuk bus nya dan Rp2.000 untuk LRT).

"Kalau harga normalnya itu Rp5.000 untuk busnya dan Rp5.000 untuk LRT, jadi kalau dengan integrasi lebih murah. Jadi ketika masyarakat ingin integrasi saat membayar tiket tinggal bilang nanti akan diberikan tiket terusan. Lalu untuk masyarakat umum Rp 10.000, tarif ini berlaku dari DJKA ke Indralaya (Unsri) dan sebaliknya," jelasnya.

Kemudian, Trans Musi ada tiga tarif yaitu Mahasiswa, Pelajar dan Umum. Untuk pelajar jika ingin naik Trans Musi yang terintegrasi dengan LRT tarifnya hanya Rp5.000, berlaku sebalinya dari LRT ke Trans Musi. Kemudian untuk Mahasiswa dan umum yang hanya naik LRT dan Trans Musi tarifnya Rp7.000. Sedangkan kalau naik Damri-Transmusi dan LRT tarifnya Rp12.000.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, Herman Deru mengatakan, keberadaan LRT sangat membantu masyarakat Sumsel dalam mendapatkan jasa moda transportasi. Penggunaan LRT harus terus digaungkan dan disosialisasikan agar lebih banyak yang merasakan dampak dari LRT tersebut.

Bahkan pihaknya mewacanakan akan segera membuat peraturan daerah (Perda) tentang dalam satu bulan wajib menggunakan angkutan umum. Seluruh jajaran pemerintah baik Pemprov dan Pemkot yang ada di Palembang untuk menggunakan transportasi umum.

"Satu hari dalam satu bulan harus naik transportasi umum. Jadi tidak ada parkiri kendaraan di kantor-kantor pemerintah. Termasuk pak Mentri Perhubungan," katanya. (jrs)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57