kumparan
search-gray
News2 Agustus 2020 19:10

Pemprov Sumsel Hapus Denda Pajak Kendaraan bagi Warga Sumsel

Konten Redaksi Urban ID
Pemprov Sumsel Hapus Denda Pajak Kendaraan bagi Warga Sumsel (377742)
Layanan Samsat Palembang I. (Foto. Istimewa)
Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sudah mulai memberlakukan penghapusan denda pajak kendaraan bermotor dan pembebasan BBNKB II hingga 31 Agustus 2020 mendatang. Kebijakan ini dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI ke 75 di tengah pandemi Corona (COVI-19).
ADVERTISEMENT
Gubernur Sumatear Selatan Herman Deru mengatakan, kebijakan ini juga untuk mendorong pemulihan ekonomi di Sumatera Selatan. Apalagi, dampak ekonomi masyarakat saat ini sedang terganggu akibat wabah COVID-19.
“Di sisi lain kami berharap agar dapat meningkatkan PAD untuk mendorong pembangunan infrastruktur sebagai penggerak ekonomi masyarakat. Tidak hanya denda pajak kendaraan namun juga akan memberikan diskresi untuk mengurangi pokok pajak yang lebih dari satu tahun dengan beberapa syarat khusus,” katanya, Minggu (2/8).
Gubernur bilang, layanan di Samsat juga akan dipercepat dan dipermudah, petugas bisa jempur bola dan memberikan layanan terbaik. “Untuk sementara diberlakukan hingga 31 Agustus mendatang dan tergantung dari respon masyarakat,” katanya.
Kepala Bapenda Provinsi Sumsel Neng Muhaibah menjelaskan bahwa penghapusan denda adminstrasi pajak kendaraan untuk meringankan beban perekonomian masyarakat Sumsel sekaligus untuk menertibkan masyarakat akan kewajiban membayar pajak.
ADVERTISEMENT
Salah satu wajib pajak Zaini (65) warga 19 Ilir ini mengaku sangat terbantu dengan pemutihan pajak. Sejak tiga tahun tidak bayar pajak karena memang tidak ada uang. “Dilunasi saja, agar tidak ada tanggungan dan denda lagi,” tutur dia. (eno)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white