News
·
28 Juli 2021 18:58
·
waktu baca 2 menit

Profil Hardi Darmawan, Dokter Keluarga Akidi Tio: Jejak Kariernya Mengesankan

Konten ini diproduksi oleh Urban Id
Profil Hardi Darmawan, Dokter Keluarga Akidi Tio: Jejak Kariernya Mengesankan (651539)
searchPerbesar
Prof Dr Hardi Darmawan, MPH TM FRSTM saat virtual meeting dengan media di Palembang. Foto: Reno Saputra/Urban Id
Dokter keluarga almarhum Akidi Tio saat ini banyak muncul di media, karena dirinya ikut mendampingi penyerahan simbolis bantuan Rp 2 triliun, untuk penanganan COVID-19 di Sumsel. Beliau juga merupakan tokoh yang cukup dikenal di Sumatera Selatan.
ADVERTISEMENT
Sebelum menyerahkan bantuan simbolis, Dr Hardi juga dihubungi oleh keluarga mendiang Akidi Tio secara khusus, lalu bertemu dengan Kapolda Sumsel, Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri yang diamanahkan oleh keluarga almarhum mengelola dana bantuan ini. Berikut ini adalah profil dan jejak karir Dr Hardi Darmawan yang dihimpun Urban Id.

Dikenal sebagai dokter keluarga

Prof Dr Hardi Darmawan, MPH TM FRSTM adalah seorang dokter keluarga almarhum Akidi Tio hingga wafat. “Saya tidak hanya dokter keluarga Akidi Tio, saya juga dokter keluarga banyak kalangan, mulai dari pejabat, pengusaha, PNS, juru parkir,sopir perahu ketek, semua kalangan,” kata Dr Hardi.
Meski begitu, Hardi mengakui cukup lama menjadi dokter keluarga Akidi Tio bahkan sampai almarhum meninggal, bahkan istri dari mendiang Akidi Tio adalah pasien dari istrinya. “Kurang lebih 36 tahun dengan almarhum, dengan anak cucunya lebih dari 40 tahun,” kata Dr Hardi.
ADVERTISEMENT

Aktif pada bidang pendidikan

Pada usianya yang sudah 75 tahun, Prof Dr Hardi Darmawan adalah guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Palembang. Selain itu, pada laman bprs.kemkes.go.id, Dr Hardi juga Anggota Dewan Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan.

Aktif pada bidang layanan kesehatan

Pada laman bprs.kemkes.go.id, dr Hardi juga tercatat sebagai tim ahli kesehatan Walikota Palembang, penasehat IDI Sumsel, penasehat PERSI Sumsel, Ketua MAKERSI Sumsel, tim ahli kesehatan masyarakat Gugus Tugas COVID-19 Sumsel.
Tak hanya itu dirinya juga tercatat sebagai anggota Badan Pengawas Rumah Sakit Provinsi (BPRS-P) periode 2020, anggota dewan pendidikan Sumsel dan juga penasehat Charitas Hospital Group. Beliau juga pernah 19 tahun menjabat Direktur Utama (Dirut) RK Charitas.
Profil Hardi Darmawan, Dokter Keluarga Akidi Tio: Jejak Kariernya Mengesankan (651540)
searchPerbesar
Prof Dr Hardi Darmawan. Foto: old.unsri.ac.id

Aktif pada bidang keagaman

Dr Hardi juga aktivis di gereja Katolik Palembang, dirinya juga termasuk menjadi pendiri lembaga pendidikan Katolik Caritas dan pernah mendapat penghargaan dari Paus Fransiskus pada awal tahun 2018.
ADVERTISEMENT

Aktif pada bidang sosial

Dr Hardi juga aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, diantaranya panti jompo, panti asuhan, bantuan tsunami Aceh dan lainnya. Beliau juga berperan aktif mengembangkan lembaga pendidikan berbasis Katolik di Sumsel.