kumparan
15 Mar 2019 18:31 WIB

RSJ di Palembang Siapkan Kamar dan Psikiater Untuk Caleg Stres

Petugas di RS Ernaldi Bahar saat menunjukkan fasilitas ruangan yang disediakan (Urban Id)
Menjelang kontestasi politik pada Pemilu serentak pada April mendatang, persiapan tidak hanya datang dari penyelenggara Pemilu saja. Salah satunya Rumah Sakit (RS) Ernaldi Bahar Palembang, Sumatera Selatan, yang siap menampung calon anggota legislatif (caleg) gagal dan berpotensi stres hingga mengidap gangguan jiwa pada Pemilu.
ADVERTISEMENT
Kepala Instalasi Humas dan Pelayanan Pengaduan RS Ernaldi Bahar, Iwan Adyantoro mengatakan, sebagai rumah sakit tipe A yang memberikan pelayanan kesehatan jiwa bagi masyarakat di Kota Palembang, pihaknya siap menampung caleg yang gagal dan berpotensi depresi ataupun stres.
“Di tempat kami ada delapan kamar yang terdiri dari kamar VIP, kelas satu, dua, dan tiga,” katanya, Jumat (15/3).
RS Ernaldi Bahar (urban Id)
Iwan menyebutkan, pada dasarnya meskipun seorang caleg, penentuan masalah penempatan hingga pembiayaan tentunya sama dengan pasien lain pada umumnya. Terlebih seorang caleg belum menjadi tanggungan negara.
“Jadi nanti tinggal keluarga yang bersangkunan akan menentukan mau dirawat di kelas berapa, dan pola pembayaraanya umum atau menggunakan BPJS,” katanya.
Selan penyediaan kamar khusus, RS Ernaldi Bahar juga menyiapkan tim psikiater yang terdiri dari delapan orang dan siap memberikan bimbingan pemulihan mental kepada caleg gagal tersebut.
ADVERTISEMENT
Iwan melanjutkan, pada dasarnya RS Ernaldi Bahar tidak melakukan persiapan khusus dalam menangani pasien gangguan jiwa, sama dengan saat Pemilihan Legislatif (Pileg) sebelumnya. “Meski pasien merupakan caleg atau bukan kita tetap menganggapnya sebagai pasien biasa,” katanya. (jrs)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan