kumparan
search-gray
News1 Juli 2020 18:30

Semen Baturaja Perketat Protokol Kesehatan Hadapi New Normal

Konten Redaksi Urban ID
WhatsApp Image 2020-07-01 at 18.18.21.jpeg
Karyawan PT Semen Baturaja menerapkan skenario new normal. (foto: istimewa)
PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) telah menyiapkan sejumlah skenario new normal terkait perubahan tata cara pelayanan, interaksi, dan perlindungan karyawan pelanggan, pemasok, mitra bisnis, hingga stakeholder selama masa pandemi COVID-19.
ADVERTISEMENT
Vice President Corporate Secretary PT Semen Baturaja, Basthony Santri, mengatakan penerapan skenario new normal terbagi dalam lima tahapan dan dilakukan secara bertahap serta menyeluruh.
SMBR menyiapkan tata cara pelayanan, baik dalam penjualan dan distribusi produk semen dengan memanfaatkan teknologi informasi. Seperti; video conference, saluran telepon, email, dan aplikasi pendukung seperti E-Procurement, Customer Dashboard System (CDS), dan Customer Relationship System (CRS).
“Saat ini pun kami telah menerapkan metode dokumentasi paperless dalam hal administrasi dan penerimaan dokumen," katanya, Rabu (1/7).
Menurutnya, SMBR ingin memastikan jika layanan operasionalnya tetap berjalan selama 7 hari 24 jam ditengah pandemi COVID-19, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.
"Operasional angkutan semen pun dipastikan masih berjalan dengan baik. Pelaksanaan pekerjaan di lapangan wajib mematuhi protokol kesehatan," katanya.
ADVERTISEMENT
Basthony bilang, saat ini manajemen mulai mengubah mekanisme work from home (WFH) bagi karyawan per 1 Juni 2020 lalu. Dimana program WFH hanya diberlakukan kepada mereka yang berusia 45 tahun ke atas, memiliki potensi atau menderita sakit berat dan ibu hamil.
"Kami juga mengatur dua jadwal jam kerja bagi setiap karyawan di kantoor non shift dan mewajibkan mereka untuk menggunakan masker, menerapkan physical distancing dan menjaga kebersihan masing-masing," katanya.
Selain itu, kata dia, SMBR telah melakukan rapid test massal untuk seluruh karyawan bekerjasama dengan RS Pertamina Medika sejak 9-19 Juni 2020. Setiap harinya, karyawan diwajibkan untuk mengisi form self assesment risiko COVID-19 sepulang dari bekerja.
"Tindakan antisipasi ini dilakukan bagi mereka terdampak dengan melakukan screening dan tracking aktivitas jika terjadi kontak erat dengan pasien positif COVID-19," katanya.
ADVERTISEMENT
Menurutnya, skenario new normal di SMBR yang telah disiapkan akan diberlakukan sesuai dengan kondisi dan kebijakan di masing-masing daerah dan berkoordinasi satgas setempat.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white