kumparan
KONTEN PUBLISHER
7 November 2019 20:37

Suhu Capai 36,6 Derajat, Palembang Kembali Diselimuti Kabut Asap

20191107_172211-01.jpeg
Jembatan Ampera kembali di selimuti kabut asap sejak sore hari ini, Kamis (7/11).
Kabut asap kembali menyelimuti Kota Palembang sejak sore menjelang malam hari ini, Kamis (7/11). Terpantau kawasan yang terpapar asap cukup parah saat ini yakni di seputar Jembatan Ampera, Kertapati, Plaju hingga Musi II dan sejumlah wilayah lainya.
ADVERTISEMENT
Siang hari sebelum kabut asap kembali pekat, suhu udara di Kota Palembang sangat terik tak seperti biasanya.
"Cukup panas dari biasanya, sore hari asap mulai banyak, bahkan hingga malam ini," kata Tantri (30) warga Seberang Ulu, Kertapati.
Dalam keterangannya, Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Bambang Benny Setiaji, menyebutkan suhu hari ini cukup terik yakni 36,6 derajat dengan kelembapan udara 50-96 persen.
Sementara kabut asap disebabkan oleh angin permukaan yang tercatat dari arah Timur Tenggara dengan kecepatan 5-20 Knot atau 9-37 km per jam. Kabut asap ini bersumber dari beberapa titik panas pada wilayah Kayu Agung, Cengal dan Pematang Panggang. Fenomena Asap sendiri diindikasikan dengan kelembapan yang rendah dengan partikel-partikel kering di udara.
ADVERTISEMENT
Sedangkan, potensi intensitas hujan di wilayah Sumsel akan terjadi pada 9-11 November 2019 seiring melemahnya badai tropis halong dan masuknya massa udara dari Laut Cina Selatan yang memiliki kelembaban udara dan pasokan uap air yang baik untuk pertumbuhan awan hujan.
Kondisi ini bersifat sementara hingga aktifnya monsoon Cina Selatan (Muson Barat) diiringi munculnya pusat tekanan rendah di belahan bumi selatan (Australia) yang merupakan indikasi musim jujan di wilayah Sumsel. (eno)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan