Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Peningkatan Pemasaran Produk

Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pamulang
Konten dari Pengguna
14 Mei 2022 15:09
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Audina Distia Kartikasari tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Peningkatan Pemasaran Produk (11468)
zoom-in-whitePerbesar
https://pixabay.com/images/id-3846597/
Saat ini, media sosial banyak dimanfaatkan masyarakat Indonesia secara meluas. Jaringan media sosial atau dalam lingkup skala umum, telah menjadi pilihan utama dalam menyampaikan informasi.
ADVERTISEMENT
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), media adalah alat atau sarana komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan informasi. Sedangkan sosial berarti berkenaan dengan masyarakat. Jadi, media sosial adalah sarana komunikasi yang bertujuan menyampaikan informasi kepada masyarakat.
Media sosial merupakan media baru yang berdasar pada kemajuan teknologi dan didukung oleh teknologi informasi dan komunikasi (Information and Communication Technology).
Media sosial akan membangun pola komunikasi yang didasari oleh interaksi intensif dua arah atau lebih. Publik atau disebut juga followers bebas untuk mengekspresikan apa yang ingin diungkapkan di media sosial. Hal inilah yang menyebabkan kedekatan (engagement) diwujudkan dengan resiprositas dalam memenuhi kebutuhan publik.
Komunikasi pemasaran dalam media sosial merupakan sarana promosi dalam peningkatan produk. Promosi ini merupakan kegiatan mengenalkan produk kepada khalayak ramai, yang bertujuan untuk meningkatkan pangsa pasar agar membeli produk yang ditawarkan.
ADVERTISEMENT
Kemajuan di bidang teknologi yang sangat pesat, ini memudahkan dalam strategi pemasaran produk yang mendayagunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.
Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Peningkatan Pemasaran Produk (11469)
zoom-in-whitePerbesar
https://pixabay.com/images/id-6557345/
Facebook
Pemasaran produk di platform ini sangat mendominasi, karena Facebook merupakan media sosial terpopuler dengan jumlah pengguna yang terus meningkat. Platform ini dapat digunakan untuk tujuan perseorangan atau tujuan bisnis bisnis, yang terdapat unggahan dengan adanya foto, ilustrasi dan video yang interaktif.
Ada beberapa strategi dalam pemasaran untuk mencapai hasil yang maksimal, diantaranya:
• Memulai dengan tujuan transparan
• Menentukan target pasar
• Menetapkan harga yang sesuai
• Membuat unggahan yang menarik
• Berinteraksi dengan konsumen
Instagram
Instagram merupakan platform yang menggantungkan pada konten visual. Pengguna platform ini lebih menyukai konten terbaru atau up-to-date dibandingkan unggahan lama. Jadi, pemasaran pada Instagram harus sering menggunggah konten sesuai dengan apa yang dipromosikan.
ADVERTISEMENT
Startegi pemasaran dalam platform ini, diantaranya:
• Akun yang digunakan harus Instagram for Business
• Mengetahui jenis-jenis unggahan di Instagram
• Mengoptimalkan Feed Instagram, Instagram Stories, Instagram Live, dan Instagram Tv.
• Membuat caption yang menarik
• Unggah di waktu yang tepat
Twitter
Platform Twitter sangat menekankan engagement dalam pemasaran suatu produk. Fitur yang ada di Twitter memungkinkan untuk memperoleh eksposur dengan merekomendasikan who to follow, balasan tweet, retweet, hashtag, direct message, dan akun yang diikuti.
Beberapa strategi pemasaran dalam platform Twitter, diantaranya:
• Memaksimalkan profil
• Menambahkan bio yang menarik
Tweet di waktu yang tepat
• Gunakan bahasa percakapan yang memuat kata-kata ajakan
• Konsisten melakukan pemasaran
ADVERTISEMENT
Mempromosikan produk melalui media sosial bukan hal yang sulit, asalkan diiringi dengan tekad yang konsisten. Itulah beberapa strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemasaran produk melalui media sosial. Selamat mencoba!
Penulis: Audina Distia Kartikasari