Pencarian populer

Ditjen PSP Sediakan Aplikasi Online untuk Alsintan

Photo Credit: Pixabay
Kementerian Pertanian (Kementan) menerapkan program bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) bagi petani untuk menjawab tantangan pertanian di Indonesia. Tantangan tersebut tidak lain adalah kondisi bergesernya pola pikir dan perkembangan teknologi yang mendorong generasi muda atau milenial enggan bekerja di sektor pertanian. Merantau ke kota besar dengan maksud menjadi pekerja di sektor jasa ataupun buruh pabrik lebih menarik bagi milenial saat ini.
ADVERTISEMENT
Manfaat Alsintan juga tak hanya untuk menjawab tantangan SDM di sektor pertanian, namun juga mempercepat hingga meningkatkan produksi pertanian. Agar manfaat Alsintan dapat dirasakan secara maksimal bagi semua petani yang membutuhkan, Ditjen PSP juga menyediakan aplikasi online untuk pesan Alsintan. Tertarik mengetahui informasi lengkap mengenai aplikasi online untuk pesan alat pertanian modern ini? Berikut informasi lengkapnya!
Meningkatkan efisiensi petani
Alsintan diketahui dapat membantu meningkatkan produktivitas petani Indonesia. Untuk menggencarkan sejumlah program yang membantu produktivitas petani tersebut, Kementan melakukan berbagai perkembangan dan penyesuaian. Salah satunya adalah melalui aplikasi online Alsintan. Munculnya aplikasi online tersebut tentu bukan tanpa alasan. Alsintan bisa disewa melalui aplikasi online agar penggunaannya dapat menjadi lebih efisien.
ADVERTISEMENT
Sebagai salah satu cara meningkatkan efisiensi usaha petani, Alsintan harus bisa lebih mudah digunakan. Untuk itu, Kementan mendorong program pengembangan Pertanian Korporasi Berbasis Mekanisasi (PKBM). Salah satu bagian program tersebut adalah aplikasi UPJA Smart Mobile yang telah diluncurkan di Jawa Tengah. Melalui aplikasi UPJA Smart Mobile dengan sistem digital, petani diharapkan lebih mudah untuk menyewa alsintan, mulai dari traktor hingga combine harvester.
Peran PKBM
Program pengembangan PKBM diharapkan oleh Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) untuk mengambil peran dan manfaat yang besar bagi petani Indonesia. PKBM sendiri meliputi berbagai hal penting seperti pembuatan gudang alsintan, pelatihan manajemen, legalisasi struktur organisasi, hingga penetapan petugas pendamping lapangan. Dengan begitu, program PKBM dapat memberikan manfaat yang lebih besar dan bisa dirasakan oleh petani Indonesia.
ADVERTISEMENT
Sudah dilakukan uji coba
Direktur Alsintan Andi Nur Alam Syah menyatakan uji coba aplikasi UPJA Smart Mobile sudah dilakukan pada lima lokasi. Uji coba tersebut dilakukan untuk pengembangan mekanisasi berbasis korporasi. Ke depan, tiap UPJA akan difasilitasi Smart Mobile sehingga akan muncul Go-Jek Alsintan.
Penyaluran bantuan alsintan
Ditjen PSP hingga saat ini sudah menyalurkan bantuan alat pertanian modern ini kepada para petani Indonesia berjumlah tidak kurang dari 350 ribu unit. Unit alsintan yang disalurkan berupa traktor roda dua, traktor roda empat, rice transplanter, cooper, cultivator, hand sprayer, implemen alat tanam jagung, hingga alat tanam jagung semi manual. Mulai tahun 2015, jumlah alsintan yang disalurkan terus meningkat dari tahun ke tahun dan diberikan kepada kelompok tani atau gabungan kelompok tani, Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) dan brigade alsintan.
ADVERTISEMENT
Pemerintah mendorong mekanisme pertanian
Tentu, ada banyak asalan pemerintah untuk mendorong mekanisme pertanian Indonesia melalui penyaluran bantuan alsintan. Misalnya seperti luas lahan pertanian yang saat ini makin menyusut, kondisi usaha tani yang belum efisien, hingga adanya kehilangan hasil tani masih cukup tinggi. Tidak hanya itu, faktanya tenaga kerja petani juga makin berkurang. Terlebih generasi milenial banyak enggan untuk terlibat dalam usaha tani karena alasan kotor ataupun panas.
Nah, kemunculan alsintan, apalagi dengan adanya aplikasi online untuk pesan alsintan, diharapkan mampu mengubah mindset petani. Petani Indonesia tidak perlu lagi bertani secara tradisional, karena bertani secara modern lebih mudah dan menguntungkan. Dengan demikian, usaha tani di Indonesia pun dijamin akan menjadi lebih efisien. Proses panen jika menggunakan alat pertanian modern ini hanya memakan waktu singkat sehingga menambah keuntungan penggunaannya.
ADVERTISEMENT
Sekarang, petani Indonesia bisa memanfaatkan aplikasi online untuk pesan alsintan yang diluncurkan oleh Ditjen PSP. Aplikasi online untuk pesan alat pertanian modern ini diharapkan dapat membawa perubahan dan manfaat yang signifikan bagi sektor pertanian Indonesia.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86