Pencarian populer

Program Volunteering #KejarMimpi Surabaya Libatkan Karyawan untuk Mempercantik Sekolah

Cut Mini, CIMB Niaga dan tim Kejar Mimpi dalam kegiatan volunteering di SD Pakis Gelora, Surabaya (Photo Credit: Kejar Mimpi dan CIMB Niaga)

Kejar Mimpi hadir di Surabaya pada 10-11 Agustus 2018 lalu. Kegiatan pada hari pertama diawali dengan acara volunteering di SD Pakis Gelora, Surabaya. Acara diisi dengan mengecat sekolah dan peluncuran program sejuta buku untuk meningkatkan budaya literasi generasi penersu. Seperti apa ya keseruannya?

Wujudkan sekolah yang nyaman dan hijau

Tim CIMB Niaga dan Kejar Mimpi sedang melakukan pengecatan pagar sekolah (Photo Credit: Kejar Mimpi dan CIMB Niaga)

Sekolah yang nyaman dapat membantu proses belajar mengajar bagi para siswa serta guru. Salah satu cara untuk menciptakan sekolah nyaman adalah membuat suasana bersahabat dan lingkungan bersih. Melalui program volunteering, Kejar Mimpi berusaha mewujudkannya dengan melakukan pengecatan sekolah di SD Pakis Gelora Surabaya.

Mengecat sekolah dilakukan bukan tanpa alasan, lho. Di balik itu semua ternyata ada manfaat dan dampak positif untuk perkembangan murid. Menurut penelitian Curtin University, Australia, siswa akan lebih tenang belajar kalau ruangan atau kelas memiliki warna kalem. Nah, selain itu, untuk warna yang cerah seperti merah atau kuning juga bisa membangkitkan otak agar lebih fokus dan teliti, lho.

Dengan kata lain, apa yang dilakukan oleh Kejar Mimpi melalui program volunteering mengecat SD Pakis Gelora juga bertujuan untuk mendukung anak-anak dalam meraih mimpinya. Karena seperti yang diungkapkan di atas, warna memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan dan daya belajar anak-anak. Jadi, apabila kelas memiliki warna indah, maka akan menstimulus anak-anak untuk lebih giat dalam belajar.

Ketika anak-anak tersebut giat belajar dalam suasana kelas yang penuh kenyamanan, mereka juga akan mudah untuk merancang mimpi-mimpi besar di masa mendatang. Kemudian membicarakan mimpi bersama kepada sesama siswa serta para guru. Apalagi acara ini tidak hanya dihadiri oleh jajaran direksi CIMB Niaga, tapi juga para pembicara dan tokoh-tokoh inspiratif di Kejar Mimpi seperti Maudy Ayunda dan Sandra Dewi. Di sela-sela waktu mengecat, keduanya juga memberikan inspirasi kepada para siswa tentang cerita mereka dalam meraih mimpi masing-masing.

Program Sejuta Buku CIMB Niaga

Dalam acara kegiatan volunteering yang diselenggarakan pada 10-11 Agustus 2018 lalu, CIMB Niaga melalui Program Sejuta Buku mendonasikan buku ke sekolah. Program ini adalah wujud konsistensi CIMB Niaga dalam mendukung pelaksanaan pendidikan yang berkualitas melalui pembangunan minat baca sejak dini. Cukup miris memang kalau kita melihat data yang dikeluarkan oleh UNESCO. Dari total 61 negara, posisi Indonesia ada di peringkat 60 dengan tingkat literasi sangat rendah. Minat baca di negara kita tertinggal jauh dengan Malaysia dan Singapura, lho.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa minat baca dan tingkat literasi kita rendah. Salah satunya adalah kebiasaan di kehidupan keluarga yang jarang membudayakan membaca. Faktor selanjutnya adalah minimnya bahan literasi atau buku-buku, terutama di sekolah-sekolah. Akibatnya, anak-anak yang merupakan generasi muda Indonesia menjadi kesulitan untuk mengejar mimpinya. Padahal, mimpi dan literasi adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Dengan banyak membaca, tingkat literasi akan bertambah, begitu pula dengan pengetahuan anak-anak. Mereka bisa menggambarkan mengenai mimpi apa yang harus dicapai serta bagaimana cara mencapai mimpi tersebut.

Lewat Program Sejuta Buku, Kejar Mimpi dan CIMB Niaga berusaha untuk membuka wawasan anak-anak dalam mengejar mimpinya. Dengan kelas dan sekolah mereka yang sudah cantik dengan warna-warna yang indah dan ditunjang dengan buku-buku berkualitas, diharapkan anak-anak semakin nyaman dan senang belajar. Lewat cara inilah selangkah demi selangkah mimpi-mimpi besar mereka akan terealisasi.

Sekilas, kegiatan mengecat sekolah mungkin terlihat sangat sederhana, tapi siapa sangka dampaknya justru cukup luar biasa? Kamu bisa kok ikut terlibat dalam berbagai kegiatan positif lain bersama Kejar Mimpi. Agar tidak kelewatan jadwalnya, follow Kejar Mimpi di media sosial ya!

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: