kumparan
17 Jul 2019 14:21 WIB

Tips Mengatur Arus Kas dan Keuangan Perusahaan dengan Baik dan Benar

Photo Credit: Pixabay
Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia bisnis perusahaan, arus kas dan keuangan perusahaan adalah laporan keuangan yang wajib dibuat dalam periode tertentu. Memaksimalkan arus kas dalam sebuah perusahaan tentu memberikan keuntungan tersendiri yakni memberikan keuntungan yang lebih cepat. Anda pun dapat mengetahui kondisi perusahaan, apakah perusahaan mengalami kemajuan atau justru sebaliknya.
ADVERTISEMENT
Namun, dalam mengatur arus kas dan keuangan perusahaan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tujuannya agar semuanya berjalan dengan baik dan benar. Apa sajakah hal tersebut? Simak baik-baik ulasannya di bawah ini.
Buatlah analisa indikator bisnis
Sebagai langkah pertama dalam mengatur arus kas dan keuangan perusahaan Anda perlu menaganalisa dan memastikan transaksi. Anda harus jeli melihat bahwa transaksi benar-benar terjadi. Untuk memulainya, Anda bisa melihat apa saja yang terjadi pada perubahan bisnis perusahaan. Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan dengan melihat apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.
Melalui informasi seperti ini, akan membantu Anda dalam mengatur pengeluaran. Selain itu juga menjadi bahan analisa mengenai pemasukan yang didapatkan perusahaan. Dengan cara ini Anda bisa memutuskan kegiatan apa yang mendukung pertumbuhan bisnis di masa mendatang.
ADVERTISEMENT
Rencanakan anggaran pengeluaran
Jika hal di atas sudah Anda analisa dengan baik, maka bisa dilanjutkan dengan merencanakan anggaran pengeluaran. Ini penting karena di dalam pelaopran arus kas dan keuangan perusahaan terdapat sebuah pemahaman mengenai biaya yang perlu dipersiapkan. Khususnya untuk kebutuhan yang bersifat mendesak atau antisipasi dalam hal pembayaran.
Langkah tersebut untuk menentukan berapa biaya tetap maupun variabel yang akan dianggarkan oleh perusahaan. Anda pun juga semakin memahami kewajiban dan rencana pengeluaran perusahaan yang lebih baik dalam periode berikutnya.
Arus kas harus dibuat dengan maksimal
Dalam mengontrol arus kas dan keuangan perusahaan Anda patut untuk memperhatikan arus laju kas agar tetap stabil dalam satu periode tertentu. Anda juga perlu membuat tren dalam memperbaiki kesalahan yang ada. Selain itu Anda perlu melakukan update secara berulang. Alasannya adalah, bila laporan keuangan perusahaan tidak dilakukan update maka dikhawatirkan adanya transaksi yang lupa tidak tercatat dalam laporan sehingga dapat berpengaruh pada pengeluaran perusahaan.
ADVERTISEMENT
Minimalisir risiko dengan menggunakan software
Menyambung dari beberapa poin di atas, kita dapat simpulkan bahwa dalam mengatur kas dan keuangan perusahaan dibutuhkan kejelian, kematangan dan pencatatan yang baik. Bila menggunakan cara konvensional hal ini tentu dibutuhkan tenaga yang ahli dan mumpuni. Namun, tetap saja menggunakan cara konvensional tidaklah luput dari kesalahan yang disebabkan human error.
Maka, untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa menggunakan software atau tools yang dirancang khusus dalam membuat pengaturan arus kas dan keuangan perusahaan. Menggunakan software atau tools tersebut setidaknya dapat memudahkan Anda dalam menghitung keuangan perusahan. Sebab, semuanya akan dilakukan secara otomatis. Dengan demikian dapat meminimalisit risiko yang dapat menyebabkan kerugian bagi perusahaan.
Guna mendukung hal ini perusahaan Anda pun membutuhkan jaringan IT yang stabil dan mumpuni agar operasional dan pengaturan keuangan perusahaan dapat berjalan dengan baik. Solusinya, Anda dapat menggunakan layanan dari perusahaan yang bergerak di bidang IT Solution. Di Indonesia salah satunya adalah ISEKA Services.
ADVERTISEMENT
ISEKA Services menawarkan layanan cloud untuk kemudahan dalam menjaga keamanan data perusahaan Anda. Sehingga membuat bisnis Anda berjalan lancar dan sesuai apa yang ditargetkan oleh perusahaan. Untuk info lebih lanjut, silahkan mengunjungi website ISEKA Services di https://iseka.services/.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·