Bola & Sports
·
6 November 2020 13:55

Eric Djemba-Djemba, Eks MU yang Pernah Tarkam di Indonesia, Apa Kabarnya Kini?

Konten ini diproduksi oleh Viral Bola
Eric Djemba-Djemba, Eks MU yang Pernah Tarkam di Indonesia, Apa Kabarnya Kini? (381935)
Eric Djemba-Djemba mantan gelandang Manchester United yang berhasil medapatkan Piala FA 2003/2004 dan Piala Super Inggris 2004. Foto: Getty Images
Masih ingat dengan pemain asal Kamerun, Eric Djemba-Djemba? Karier sepak bolanya bak roller coaster, dari memperkuat Manchester United sampai sempat bermain tarkam (antar kampung) di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Nama Djemba-Djemba sempat mencuat manakala ia didatangkan MU pada 2003. Akan tetapi, karier pemain asal Kamerun itu tak bertahan lama setelah dijual ke Aston Villa pada Januari 2005.
Kenati demikian, Djemba-Djemba tutut mencatatkan namanya manakala MU meraih Piala FA musim 2003/04 dan Community Shield pada 2004. Selama membela 'Iblis Merah', Djemba-Djemba mencetak dua gol dan dua assist dalam 39 penampilannya.
Eric Djemba-Djemba, Eks MU yang Pernah Tarkam di Indonesia, Apa Kabarnya Kini? (381936)
Eric Djemba-Djemba bersama rekan setimnya sedang melakukan pelatihan bersama klubnya yakni Persebaya Surabaya, Jumat (13/2/2015). Foto: M Risyal Hidayat/Antara
Ketika berada di Aston Villa, nasib Djemba-Djemba juga tak kunjung membaik. Alhasil, ia kembali dipinjamkan ke Burnley pada 2007 dan kembali pada akhir musim.
Sejak kontraknya tak diperpanjang Villa, Djemba-Djemba lantas berkeliling memperkuat berbagai klub, mulai dari Qatar SC, Odense (Denmark), Hapoel Tel Aviv (Israel), Partizan (Serbia), St Mirren (Skotlandia), dan Chennaiyin FC (China).
ADVERTISEMENT
Setelah dari China, Djemba-Djemba akhirnya menginjakkan kaki di Indonesia dengan memperkuat Persebaya Surabaya pada 2015. Akan tetapi, ia datang di saat yang tak tepat karena QNB League dihentikan menyusul pembekuan PSSI oleh FIFA.
Akhirnya Djemba-Djemba pindah ke tim Persewangi Banyuwangi dan bermain dalam turnamen tarkam untuk menyambung hidupnya selama di Indonesia.
Lantas, bagaimana kabarnya kini?
Setelah selesai memperkuat Persewangi, pada 2016 ia sempat bergabung dengan klub amatir Perancis, Voltigeurs de Chateaubriant. Tidak lama kemudian, Djemba-Djemba kembali hengkang dan bergabung dengan klub asal Swiss FC Vallorbe-Ballaigues.
Tercatat, ia berhasil mencetak empat gol dalam 31 penampilannya. Hingga akhirnya ia memutuskan pensiun pada 2020. Kini Djemba-Djemba tinggal di Nantes, Prancis bersama keluarganya.
ADVERTISEMENT
Tak jarang ia juga memposting kegiatan dirinya selama disana. Hal itu diketahui dari postingan Instagram di akun pribadi miliknya.
Meski sudah lama hengkang dari MU, Djemba-Djemba diketahui masih menjalin hubungan baik dengan rekan-rekannya di Old Trafford dahulu. Ia juga sempat ambil bagian dalam pertandingan ekshibisi Manchester United Legends saat menghadapi Liverpool Legends.