Bola & Sports
·
22 Juli 2021 17:35
·
waktu baca 3 menit

Permainan Sepakbola, Begini Sejarah dan Aturan Mainnya

Konten ini diproduksi oleh Viral Bola
Permainan Sepakbola, Begini Sejarah dan Aturan Mainnya (148478)
searchPerbesar
Ilustrasi Permainan Sepakbola (Sumber: Pixabay)
Permainan sepakbola merupakan salah satu olahraga paling populer di dunia. Hampir semua kalangan memainkan olahraga ini, mulai dari anak-anak hingga dewasa.
ADVERTISEMENT
Permainan sepak bola dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari 11 orang di setiap timnya. 11 pemain tersebut memiliki posisi dan peran yang berbeda dalam pertandingan.
Sepak bola menggunakan bola yang terbuat dari bahan kulit dan berbentuk bundar. Dalam olahraga sepak bola, pemain tidak diperbolehkan untuk menggunakan tangan kecuali penjaga gawang.
Tujuan permainan sepak bola adalah memasukkan bola ke gawang sebanyak-banyaknya. Tim yang meraih skor terbanyak berhak menjadi pemenangnya.

Sejarah Singkat Permainan Sepakbola

Permainan Sepakbola, Begini Sejarah dan Aturan Mainnya (148479)
searchPerbesar
Sejarah Sepakbola (Sumber: Football History)
Sejarah permainan sepak bola dimulai dengan negara Tiongkok dari abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi. Pada masa Dinasti Han, masyarakat memainkan sepak bola dengan cara menendang dan menggiring bola ke arah jaring kecil.
Selanjutnya, permainan sepak bola di Italia dilakukan dengan cara menggiring dan menendang bola. Permainan tersebut sudah dimulai sejak abad ke-16.
ADVERTISEMENT
Setelah ditetapkannya peraturan sepak bola di Inggris, permainan tersebut mulai berkembang dan menjadi olahraga favorit di berbagai kalangan.
Pada 1800-an, olahraga sepakbola mulai disebarkan olah para pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia. Pada 1940, asosiasi tertinggi sepakbola dunia mulai dibentuk, yaitu FIFA.
Dengan berdirinya FIFA sebagai organisasi sepak bola di dunia, kompetisi dimulai di berbagai negara. Hal itulah yang membuat permainan sepak bola semakin populer hingga saat ini.

Peraturan Permainan Sepakbola

Permainan Sepakbola, Begini Sejarah dan Aturan Mainnya (148480)
searchPerbesar
Peraturan Permainan Sepakbola (Sumber: Pixabay)
Sama seperti olahraga lainnya, sepak bola memiliki beberapa peraturan yang telah ditetapkan oleh FIFA. Kemudian, aturan ini diterapkan oleh seluruh pemainnya.
Berikut ini adalah beberapa peraturan penting dalam sepak bola yang dikutip dari FIFA:

1. Ukuran Lapangan dan Bola

  • Panjang: 100–110 meter
  • Lebar: 64–75 meter
  • Jari-jari lingkaran tengah: 9,15 meter
  • Daerah penalti: 40,39×16,5 meter
  • Daerah gawang: 18,35×5,5 meter
  • Tinggi gawang: 2,44 meter
  • Lebar gawang: 7,32 meter
  • Diameter bola: 21–22,5 cm
  • Keliling lingkaran bola: 68–71 cm
  • Berat bola: 410–450 gram
ADVERTISEMENT

2. Pemain

Permainan sepak bola dilakukan secara dua tim yang terdiri atas 11 pemain dan termasuk penjaga gawang.
Posisi pemain pun terbagi menjadi penyerang, gelandang, dan bek. Pembagiannya sendiri bisa berubah-ubah, karena tergantung dari taktik setiap tim.
Jumlah pemain cadangan adalah maksimal 12 orang. Kemudian, jumlah pemain maksimal keluar lapangan (tidak termasuk cedera) berjumlah empat orang atau sekurang-kurangnya berjumlah tujuh pemain.

3. Durasi Permainan

Pada pertandingan sepak bola, FIFA menetapkan durasi waktu. Lama permainan sepak bola adalah sekitar 90 menit, yakni 45 menit untuk babak pertama dan 45 menit babak kedua.
Jika skor yang sama masih bertahan hingga 90 menit, maka durasi akan ditambah 30 menit, yaitu dengan 15 menit perpanjangan waktu pertama dan 15 menit perpanjangan waktu kedua.
ADVERTISEMENT

4. Aturan Permainan

  • Kick off dilakukan untuk memulai pertandingan pada setiap babak atau setelah terjadinya gol.
  • Gol dinyatakan sah ketika bola masuk dan melewati garis gawang. Keputusan sah atau tidaknya sebuah gol ada di tangan wasit.
  • Offside terjadi ketika pemain menerima umpan bola. Sedangkan, posisinya lebih dekat ke gawang lawan ketimbang lawannya.
  • Bola dinyatakan out apabila melewati garis lapangan. Jika hal itu terjadi, pemain akan melakukan lemparan ke dalam atau throw-in.
  • Tendangan ini dilakukan ketika bola keluar dan melewati garis gawang. Sesuai namanya, tendangan ini dilakukan di pojok lapangan yang berada dekat dengan gawang dan dilakukan oleh pihak lawan.
  • Penalti terjadi saat pemain yang sedang bertahan melakukan pelanggaran di wilayah penjaga gawang. Tendangan ini dilakukan oleh tim lawan dan memiliki peluang untuk mencetak gol. Tendangan penalti juga dilakukan apabila permainan berakhir seri/imbang.
ADVERTISEMENT

5. Perlengkapan Pemain

  • Baju kaus atau jersey olahraga.
  • Celana pendek (jika memakai celana dalam penghangat, warnanya harus sama dengan warna celana pendek utama).
  • Kaus kaki.
  • Pelindung tulang kering (shinguard).
  • Sepatu.
  • Wasit.

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Permainan Sepakbola, Begini Sejarah dan Aturan Mainnya (148481)
searchPerbesar
Teknik Dasar Permainan Sepakbola (Sumber: Pixabay)
Supaya bisa memainkan sepak bola dengan apik, para pemain mesti menguasai beberapa teknik dasar. Agar hasilnya lebih optimal, pemain bisa melatih teknik tersebut bersama rekan setim.
Berikut ini adalah beberapa teknik dasar permainan sepak bola yang harus dikuasai:

1. Menggiring Bola (Dribbling)

Teknik ini wajib dikuasai karena kamu bisa membawa bola dengan leluasa. Setidaknya, ada dua teknik dribbling yang bisa dilakukan oleh pemain, yakni speed dribbling dan closed dribbling.

2. Mengoper Bola (Passing)

Passing merupakan teknik mengoper bola yang dilakukan oleh satu pemain ke pemain lainnya. Pemain dapat menggunakan tiga bagian kakinya untuk mengoper bola, yaitu kaki bagian dalam, bagian luar, dan punggungan kaki.
ADVERTISEMENT

3. Menendang bola (Shooting)

Shooting merupakan teknik dasar permainan sepak bola. Melalui teknik ini, pemain dapat menciptakan gol ke gawang lawan.
Pada teknik ini, seorang pemain membutuhkan kekuatan yang cukup untuk menendang bola. Selain itu, pemain juga harus memerhatikan akurasi tendangan agar bola tepat sasaran ke gawang.

4. Mengontrol Bola (Trapping)

Trapping dilakukan saat pemain menerima bola dan mengontrolnya dengan baik. Teknik trapping ini juga penting dilakukan agar bola tidak memantul dan menjadi milik lawan.

5. Menyundul Bola (Heading)

Selain menggunakan kaki, para pemain bola juga dapat menggunakan kepala. Jadi, pemain wajib menguasai teknik menyundul atau heading yang baik.
Heading dilakukan saat bola tidak dapat digapai karena terlalu tinggi. Teknik ini dapat dilakukan untuk mengumpan serta menciptakan gol ke gawang lawan.
ADVERTISEMENT
Demikian penjelasan mengenai permainan sepakbola. Saat ini, sepak bola menjadi salah satu olahraga terpopuler di dunia.
(ANH)