Food & Travel
·
25 Agustus 2020 12:58

5 Manfaat Kesehatan dari Rajin Makan Buah Apel Setiap Hari

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
5 Manfaat Kesehatan dari Rajin Makan Buah Apel Setiap Hari (89745)
buah apel Foto: shutterstock
Ya, apel tak hanya dikenal sebagai buah manis yang menyegarkan. Di balik renyahnya apel, terdapat serat, vitamin C, hingga antioksidan yang baik bagi kecantikan. Menyantap sebutir apel setiap hari juga ampuh menurunkan berat badan karena kandungan lemak dan kalorinya yang sangat rendah.
ADVERTISEMENT
Selain itu, berikut ini lima manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan bila rutin menyantap apel. Apa saja? Yuk, disimak!

1. Meningkatkan kinerja otak

5 Manfaat Kesehatan dari Rajin Makan Buah Apel Setiap Hari (89746)
Buah apel
Kandungan flavonoid yang tinggi di dalam apel memiliki peranan penting untuk melindungi kerusakan sel-sel otak. Menurut jurnal dari Universitas Massachusetts Lowell berjudul Journal of Alzheimer's Disease, konsumsi apel bisa meningkatkan kesehatan dan mempertajam ingatan. Sebab, kandungannya bisa meningkatkan produksi neutransmitter jenis asetilkolin, yakni sejenis zat kimia pengantar rangsangan saraf.

2. Meningkatkan imunitas

5 Manfaat Kesehatan dari Rajin Makan Buah Apel Setiap Hari (89747)
Ilustrasi buah apel
Sistem imun yang kuat membuat badan tak mudah terjangkit virus dan kuman penyebab penyakit. Nah, salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah menyantap apel segar secara teratur.
Apel mengandung vitamin C yang akan membantu tubuh agar lebih kuat terhadap serangan penyakit. Ditambah serat yang berfungsi sebagai probiotik baik di dalam usus, menyantap apel sebagai camilan bisa meningkatkan kualitas kesehatanmu.
ADVERTISEMENT

3. Menyehatkan jantung

5 Manfaat Kesehatan dari Rajin Makan Buah Apel Setiap Hari (89748)
Ilustrasi penyakit jantung. Foto: Thinkstock
Jantung sehat akan membuat aktivitas berjalan lebih maksimal. Nah, salah satu detoks alami untuk menyehatkan jantung adalah menyantap apel secara teratur.
Kandungan serat dan antioksidan di dalam apel berguna untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh kita. Bahkan, menurut jurnal dari University of Reading yang diterbitkan tahun 2015, konsumsi apel secara teratur bisa menurunkan risiko penyakit jantung akibat pola makan yang tidak sehat.

4. Memperkuat tulang

5 Manfaat Kesehatan dari Rajin Makan Buah Apel Setiap Hari (89749)
Ilustrasi tulang sehat Foto: Shutterstock
Selain memperbanyak asupan kalsium, tulang yang kuat dan sehat bisa didapatkan dengan menyantap makanan yang bersifat anti-inflamasi. Sifat antiinflamasi atau antiradang pada buah, terutama apel, berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang agar tak mudah keropos.
Dalam sebuah penelitian dari California State University yang diterbitkan tahun 2011, perempuan yang menyantap apel, jus apel, atau olahan apel setiap hari lebih sedikit kehilangan kalsium daripada wanita yang tak menyantap apel.
ADVERTISEMENT

5. Memutihkan gigi

5 Manfaat Kesehatan dari Rajin Makan Buah Apel Setiap Hari (89750)
Warna lipstik yang bisa bikin gigi terlihat lebih putih. Foto: dok. MAC
Gigi yang putih dan bersih tentu akan meningkatkan kepercayaan diri. Tak perlu repot-repot melakukan perawatan yang bisa membuat dompet menipis, makan buah apel ternyata juga bisa memutihkan gigi, lho.
Kandungan antibakteri di dalam apel bisa membantu membersihkan gigi selagi kita mengunyah daging apelnya. Berdasarkan jurnal dari University of Santiago de Compostela tahun 2018, mengunyah apel bisa meningkatkan produksi saliva atau air liur yang berfungsi membunuh bakteri penyebab kerusakan gigi.