Food & Travel
·
20 Juli 2020 21:13

5 Tips Memasak Beras Merah agar Teksturnya Pulen dan Lembut

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
5 Tips Memasak Beras Merah agar Teksturnya Pulen dan Lembut (82665)
Khasiat nasi merah (Foto: Thinkstock)
Memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, beras merah kerap disajikan sebagai menu makan sehat. Bahkan, jenis beras ini pernah menjadi beras terlarang di China yang hanya boleh dikonsumsi oleh keluarga kerajaan saja.
ADVERTISEMENT
Beras merah memiliki kandungan serat, mineral, vitamin dan juga rendah gula, sehingga sangat cocok sebagai menu diet. Namun sayangnya, tekstur beras merah yang cenderung lebih keras dibandingkan beras putih membuatnya jarang disukai.
Padahal, dengan cara memasak yang tepat, beras merah yang pulen dan menyehatkan dapat menjadi santapan lezat. Dilansir The Kitchn, berikut lima tips memasak beras merah untuk menghasilkan tekstur empuk dan pulen:

1. Simpan beras merah di dalam kulkas

5 Tips Memasak Beras Merah agar Teksturnya Pulen dan Lembut (82666)
Khasiat nasi merah (Foto: Thinkstock)
Beras merah akan menghasilkan rasa terbaiknya setelah disimpan selama beberapa bulan di dalam kulkas. Jika jumlah beras yang disimpan cukup banyak, maka pindahkan dari karung beras ke dalam wadah tertutup yang kedap udara.

2. Jangan menggunakan beras merah yang disimpan terlalu lama

5 Tips Memasak Beras Merah agar Teksturnya Pulen dan Lembut (82667)
Beras merah tinggi akan serat (Foto: Thinkstock)
Penyimpanan beras merah yang terlalu lama akan mengeluarkan kandungan minyak di dalamnya dan membuat nasi terasa pahit. Usahakan untuk menyimpan beras merah tidak lebih dari setahun.
ADVERTISEMENT

3. Rendam beras di dalam air

5 Tips Memasak Beras Merah agar Teksturnya Pulen dan Lembut (82668)
Beras merah baik untuk penyerapan oksigen (Foto: Thinkstock)
Sebelum memasaknya, rendam beras terlebih dahulu di dalam air selama kurang lebih 30 menit. Hal ini akan membuat tekstur dari beras merah menjadi lebih empuk. Jumlah air yang dimasukkan juga harus memiliki perhitungan yang tepat, dengan perbandingan 4 gelas air pada setiap 1 gelas beras.

4. Panggang beras

5 Tips Memasak Beras Merah agar Teksturnya Pulen dan Lembut (82669)
Beras merah bebas lemak (Foto: Thinkstock)
Memanggang beras merah sebelum memasaknya tidak akan mengubah teksturnya, namun justru memperkuat sentuhan rasa kacang dari beras merah. Tumis beras dengan sedikit minyak zaitun, lalu tambahkan air, aduk hingga harum.

5. Jangan langsung menyajikan nasi

5 Tips Memasak Beras Merah agar Teksturnya Pulen dan Lembut (82670)
Beras merah kaya akan vitamin dan mineral (Foto: Thinkstock)
Setelah selesai memasak beras merah, biarkan panci atau rice cooker tetap tertutup selama kurang lebih 10 menit agar uap air terserap oleh nasi dan membuat teksturnya ringan dan mengembang. Selain itu, cara ini juga dapat mencegah nasi menjadi lengket dan bergetah.
ADVERTISEMENT