Food & Travel
·
21 Juli 2021 16:33
·
waktu baca 1 menit

China Luncurkan Kereta Api Berkecepatan Tinggi, Kecepatannya Seperti Pesawat

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
China Luncurkan Kereta Api Berkecepatan Tinggi, Kecepatannya Seperti Pesawat (58759)
searchPerbesar
Petugas berdiri di pintu kereta cepat yang merupakan kereta pertama yang meninggalkan Stasiun Kereta Api Hankou Wuhan, Hubei, China, Rabu (8/4). Foto: REUTERS / Aly Song
China resmi meluncurkan kereta berkecapatan tinggi yang mampu melaju hingga 600 km/jam. Kereta yang menggunakan teknologi maglev ini menjadi kendaraan darat tercepat di Dunia.
ADVERTISEMENT
Dilansir The Independent, Teknologi Maglev yang dikelola oleh China ini menggunakan gaya elektro-magnetik. Sistem ini mampu membuat kereta berjalan di atas rel. Artinya, kereta tidak akan ada kontak dengan rel sata meluncur.
Kereta ini diluncurkan dengan tujuan untuk menyamakan kesamaan kecepatan antara trasportasi darat dan pesawat. Sebelumnya, China telah menggunakan teknologi Maglev untuk jalur pendek antara Bandara Internasional Pudong Shanghai dan pusat kota.
China Luncurkan Kereta Api Berkecepatan Tinggi, Kecepatannya Seperti Pesawat (58760)
searchPerbesar
Kereta Api Berkecepatan tinggi di China Foto: Dok. Istimewa
Kereta ini mampu menempuh perjalanan 30 km dengan durasi tuju menit. Meski begitu, teknologi canggih tersebut belum diluncurkan secara nasional.
Teknologi Maglev ini butuh diteliti selama 3 tahun sebelum akhirnya diluncurkan. Kereta yang melaju dengan kecepatan maksimum 600 km/jam tersebut, mampu memangkas waktu tempuh antara Beijing dan Shanghai hingga 2,5 jam yang harus ditempuh 7,7 jam perjalanan.
ADVERTISEMENT
Dengan kereta berkecapatan tinggi itu, jalur tersebut dapat ditempuh selama 5,5 jam. Sedangkan jika menggunakan jalur udara, kedua kota yang berjarak 1.000 km itu harus memakan waktu empat jam di udara.