Food & Travel
·
23 Februari 2021 19:15

Gantung Bungkusan Air Cabai di Tempat Makan, Benar Ampuh Usir Lalat atau Mistis?

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
Gantung Bungkusan Air Cabai di Tempat Makan, Benar Ampuh Usir Lalat atau Mistis? (25098)
Cabai rawit di Pasar Induk Kramat Jati. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Mungkin kamu sering melihat kantung-kantung air cabai yang digantung di warung makan atau warteg. Pernahkah kamu bertanya, apa sih kegunaan bungku air cabai itu? Atau, kamu sudah pernah membuktikan sendiri manfaatnya?
ADVERTISEMENT
Bila penasaran, Fajar Alam Setiabudi yang merupakan Top 7 MasterChef Indonesia season 6 dalam TikToknya, membuat video viral yang membuktikan faedah dari bungkusan air cabai itu.
Laki-laki pemilik akun @fajarlele itu membuktikan kegunaan bungkusan air cabai tersebut langsung di tempat makan miliknya yakni Lele Crispy.
"Guys, kalian tahu enggak ini apa? Gue penasaran banget nih, pasti kalian sering liat ini, nih digantung di warung (makan) Padang, di warteg. Ini hubungannya apa dengan kimia, biologi, medis, dan unsur-unsur lain. Faedahnya apa coba, ya?" katanya dalam narasi video tersebut.
Video ini pun diunggah ulang oleh akun instagram @dietmulaibesok, dan telah ditonton sebanyak 296,993 views. Akun tersebut pun membubuhkan caption "Beneran ngaruh?"
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut, dalam video tersebut Fajar membuktikan dengan menaruh sebungkus air berisi cabai rawit di antara ketiga porsi makanan yang sudah ia persiapkan.
"Ini adalah katanya, alat pengusir lalat. Gue mau coba diproduk gue nih, di Lele Crispy. Ini sudah ada lele crispynya, ada ayamnya. Ini gue tunggu sampai 30 menit, dan terbukti lalat enggak berani datang ke makanan," lanjutnya.
Gantung Bungkusan Air Cabai di Tempat Makan, Benar Ampuh Usir Lalat atau Mistis? (25099)
Bungkusan air cabai Foto:@fajarlele/TikTok
Wah, ternyata Fajar telah membuktikan kegunaan sekantong air cabai ini yang bisa membantu mengusir lalat. Namun, tahukah kamu? Menaruh bungkus air cabai ini juga kerap dikaitkan dengan hal mistis, lho? Konon, ini disebut benda penglaris.
Keberadaan bungkus air cabai ini memang hingga kini mengundang tanya. Sehingga, para pengikut @dietmulaibesok pun banyak yang menulis komentarnya.
ADVERTISEMENT
"Yang gue juga penasaran, ada di 2 tempat makan aku ketemu samping grobak mamangnya taro cangkir isi minuman kopi, trus di plastikin gitu. Aku suudzon nya itu penglaris 😂," kata pemilik akun @eas0202.
Namun, ada juga yang malah memberikan saran. "Ga perlu diisi cabe jg bisa," kata @boesetov. "air doang juga cukup," tambah @diekadeika.
Nah, kalau menurut kamu bagaimana, nih? Ada gunanya enggak sih bungkus air cabai ini?