Food & Travel
·
27 Agustus 2020 10:17

Sayang kalau Dibuang, Ini 5 Tips Menyimpan Roti agar Tak Cepat Bulukan

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
Sayang kalau Dibuang, Ini 5 Tips Menyimpan Roti agar Tak Cepat Bulukan (17729)
Ilustrasi roti baru Foto: dok.shutterstock
Selain nasi, roti merupakan jenis makanan pokok yang kerap dipilih sebagai makanan pengisi perut. Teksturnya yang padat dan rasanya yang lezat, membuat makanan yang satu ini sangat cocok dijadikan menu sarapan.
ADVERTISEMENT
Beragam sajian lezat bisa diolah dari roti, mulai dari roti selai, sandwich, atau roti panggang. Sayangnya, roti tidak bisa bertahan lama dan cepat mengeras bila tidak disimpan dengan cara yang tepat. Tak hanya itu, penyimpanan roti yang terlalu lama juga dapat membuatnya cepat berjamur.
Lantas, bagaimana cara menyimpan roti agar lebih awet? Kamu bisa contek tips menyimpan roti seperti dilansir Shanghaiist:

1. Jaga suhu roti

Sayang kalau Dibuang, Ini 5 Tips Menyimpan Roti agar Tak Cepat Bulukan (17730)
Ilustrasi roti oat Foto: dok.shutterstock
Jangan pernah mendiamkan roti dalam suhu ruang selama lebih dari dua hari. Saat disimpan di tempat yang lembab, jamur akan mudah menempel pada roti. Sebaiknya, simpan roti dalam lemari pendingin sesaat setelah dibeli.

2. Potong roti

Sayang kalau Dibuang, Ini 5 Tips Menyimpan Roti agar Tak Cepat Bulukan (17731)
Ilustrasi memotong roti Foto: dok.shutterstock
Potong roti utuh mulai dari bagian tengah ke pinggir. Cara ini berguna untuk menghalangi udara yang dapat membuat roti lebih mudah berjamur. Setelah itu, bungkus roti dengan plastik atau aluminium foil agar kualitas roti tetap terjaga.
ADVERTISEMENT
Hindari penggunaan kantung kertas karena akan membuat tekstur roti menjadi keras. Jangan gunakan kantung kertas karena memungkinkan udara membuat roti menjadi alot.

3. Kotak roti

Sayang kalau Dibuang, Ini 5 Tips Menyimpan Roti agar Tak Cepat Bulukan (17732)
Ilustrasi Roti Keset Foto: Instagram @luisa_cake
Menyimpan roti di dalam tempat khusus dapat memperpanjang umur roti. Pastikan kotak roti tidak lembab dan bersih, lalu simpan roti di dalamnya. Umumnya, satu kotak roti dapat menampung dua bungkus roti tawar utuh.

4. Simpan di freezer

Sayang kalau Dibuang, Ini 5 Tips Menyimpan Roti agar Tak Cepat Bulukan (17733)
Ilustrasi menyimpan makanan dalam freezer Foto: Shutter Stock
Menurut Bread etc, sebaiknya simpan roti dalam freezer, bukan chiller. Pendinginan akan menyebabkan retrogradasi, sebuah proses yang menunjukkan roti putih akan mengalami rekristalisasi dan menjadi keras. Sebelum menyimpannya, iris roti dan simpan dalam zip lock, lalu tempatkan dalam freezer.

5. Microwave

Sayang kalau Dibuang, Ini 5 Tips Menyimpan Roti agar Tak Cepat Bulukan (17734)
Microwave Foto: Thinkstock
Setelah dimasukan ke dalam freezer, tekstur roti akan menjadi lebih keras dan alot. Untuk menyiasatinya, kamu bisa memanggang roti dalam microwave selama 10 detik.
ADVERTISEMENT
Dalam microwave, tempatkan roti di atas tisu dapur lembab untuk melunakkannya sebelum masuk ke dalam oven atau toaster. Cara ini akan melembutkan bagian dalam roti.
Semoga bermanfaat!