Food & Travel
·
29 Agustus 2020 17:27

Tamu Langgar Physical Distancing, Satpol PP Tutup Sementara Kedai Kopi Ini

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
Tamu Langgar Physical Distancing, Satpol PP Tutup Sementara Kedai Kopi Ini (4951)
Ilustrasi kedai kopi Foto: dok.Shutterstock
Kedai Kopi Kroma ditutup sementara oleh Satpol PP Jakarta lantaran pengunjungnya kedapatan tak menerapkan physical distancing, atau jaga jarak fisik, Sabtu (29/8).
ADVERTISEMENT
Melalui akun Instagramnya @kroma.id, kedai kopi yang terletak di Jakarta Selatan ini mengumumkan penutupan sementara untuk operasional tempat usaha di hari Sabtu 29 Agustus.
Pihak kedai kopi tersebut menyesali kejadian ini, serta menyayangkan perilaku pengunjung yang tidak mengindahkan protokol kesehatan. Penutupan sementara ini merupakan bentuk sanksi administratif akibat pelanggaran Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 79 tahun 2020.
“Sangat kami sesalkan, kami sudah cukup patuh menjalankan protokol kesehatan, namun sayang, kami pun lalai bersikap tegas (dalam hal physical distancing pengunjung).” tegas Kroma, melalui pernyataan di akun Instagramnya mereka.
Terlampir dalam Pergub DKI Jakarta No.79 Tahun 2020, mengenai penerapan disiplin dan penegakan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19, sanksi bagi para pelanggar berupa sanksi progresif. Dari teguran, penutupan tempat sementara sampai denda puluhan juta bagi tempat usaha, kantor atau tempat kegiatan lainnya.
Tamu Langgar Physical Distancing, Satpol PP Tutup Sementara Kedai Kopi Ini (4952)
Ilustrasi physical distancing. Foto: Indra Fauzi/kumparan
Untuk kedai kopi ini sendiri, jika ditemukan pelanggaran yang sama kedua kalinya, mereka bisa dikenakan denda administratif mencapai Rp 50 juta, dan sanksi lain seterusnya.
ADVERTISEMENT
“Kami mengimbau untuk teman-teman yang hendak berkunjung ke coffee shop atau area publik manapun, mohon lebih sadar akan regulasi dan protokol kesehatan dari Pergub karena jika tidak, akan ada banyak orang yang dirugikan,” tutup pihak Kroma.
Kejadian ini pun mengundang komentar para pengikut dari tempat ngopi tersebut. Tak sedikit yang kemudian memberikan ucapan semangat untuk kedai kopi ini, dan berharap bisa segera buka kembali esok hari.
Tamu Langgar Physical Distancing, Satpol PP Tutup Sementara Kedai Kopi Ini (4953)
Ilustrasi coffee shop Foto: Shutter Stock
"Lekas beroperasi kembali kroma," tulis pemilik akun Instagram @ratmiadewi. Adik dari Kevin Julio, Tristan Julio pun turun membubuhkan komentarnya, "semangat Kromaa🤘🏻🤘🏻sehat selalu!" kata @tristanjulianos.
Sementara ada juga warga Instagram yang mengusulkan para petugas Satpol PP untuk sidak di tempat lain. "Pol ppnya suruh ke daerah jaktim sini, bisa2 ditutup semua tu kedai 🙃," tulisa pemilik akun @wahyusetiajiiii.
ADVERTISEMENT