Food & Travel
·
4 Mei 2021 5:06

Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Alam Menarik, Kunjungi 4 Lokasi Ini

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Alam Menarik, Kunjungi 4 Lokasi Ini (351922)
Ilustrasi tempat wisata di Jogja. Foto: Taryn Elliotl/pexels
Tempat wisata di Jogja pasti memiliki ragam pilihan dengan pesonanya masing-masing. Kamu dapat berwisata melalui wisata sejarah, wisata kuliner, dan berbagai jenis wisata mainstream lainnya yang menjadi banyak favorit para wisatawan.
ADVERTISEMENT
Namun tahukah kamu bahwa Kota Jogja juga memiliki pesona alam yang juga patut untuk kamu kunjungi? Dijamin liburanmu tak akan membosankan karena kamu dapat menyerap energi alam dan mendapat banyak pencerahan serta ide-ide baru usai berlibur nanti.

Penasaran? Melansir laman Visiting Jogja, berikut 4 tempat wisata di Jogja yang miliki alam yang bisa kamu nikmati.

1. Bukit Ngisis Kulon Progo
Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Alam Menarik, Kunjungi 4 Lokasi Ini (351923)
Bukit Ngisis Kulon Progo sebagai tempat wisata di Jogja. Sumber: Visiting Jogja
Bukit Ngisis Kulon Progo, yang juga terkenal dengan nama Bukit Isis Yogyakarta, menyajikan pemandangan pegunungan di Jogja. Banyak pohon rindang dan kebung teh di lokasinya.
Salah satu tempat wisata di Jogja ini juga lokasi yang tepat untuk berbincang santai bersama keluarga, kerabat, maupun sahabat sambil menikmati udara segar dan indahnya alam. Didukung tersajinya sebuah fasilitas bernama gardu pandang.
Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Alam Menarik, Kunjungi 4 Lokasi Ini (351924)
Salah satu fasilitas di Bukit Ngisis Kulon Progo. Sumber: Visiting Jogja
Selain itu, Bukit Ngisis Kulon Progo juga memiliki banyak spot foto dengan latar belakang pemandangan pegunungan yang menawan.
ADVERTISEMENT
Wisata alam ini terletak di Nglinggu Barat yang jaraknya bisa ditempuh 1 jam lamanya dari pusat Kota Jogja. Kamu juga cukup mengeluarkan Rp 3.000 per orang, serta biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.
2. Selopamioro Adventure Park
Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Alam Menarik, Kunjungi 4 Lokasi Ini (351925)
Selopamioro Adventure Park Jogja. Sumber: Visiting Jogja
Selopamioro Advnture Park yang terletak di Dusun Selopamioro, Bantul ini memiliki pesona wisata rafting di Sungai Oya. Ada tiga jenis rafting yang bisa kamu pilih yaitu short, medium, dan long.
Jika kamu tertarik untuk memilih jenis short, kamu cukup membayar Rp 10.000 dan dapat menikmati petualangan wahana rafting selama 30 menit. Untuk jenis medium, kamu harus merogoh kocek lebih yakni Rp 150.000 karena kamu akan menyewa kapal dan juga pemandu.
Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Alam Menarik, Kunjungi 4 Lokasi Ini (351926)
Ilustrasi rafting di Selopamioro Adventure Park Jogja. Foto: Tom Fisk/pexels
Nah, jenis long merupakan yang paling mahal diantara ketiganya karena kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp 350.000.
ADVERTISEMENT
Selain wahana rafting, Selopamioro Adventure Park ini juga menyediakan tempat berkemah khusus buat kamu yang senang dengan kegiatan camping. Tetapi perlu diingat, tenda dan perlengkapan lain harus kamu bawa sendiri.
Jika berkemah bukan gayamu, tempat wisata di Jogja ini ternyata menyediakan pendakian tebing curam melalui ferrata. Dengan membayar Rp 80.000 per orang, kamu akan dibekali dengan alat pengaman yang lengkap.
3. Puncak Segoro
Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Alam Menarik, Kunjungi 4 Lokasi Ini (351927)
Salah satu spot foto dengan pemandangan laut di Puncak Segoro. Sumber: Visiting Jogja
Puncak Segoro adalah salah satu puncak yang ada di Gunungkidul, Jogja. Puncaknya terletak di Desa Girikerto.
Puncak Segoro menyajikan pemandangan alam laut lepas yang biru dengan suara deburan ombak, angin laut, pemandangan sunrise dan sunset, serta birunya langit yang sangat mempesona. Karena pemandangannya yang indah ini, Puncak Segoro ternyata juga terkenal sebagai spot pengambilan foto, seperti foto prewedding.
ADVERTISEMENT
Untuk sampai ke sini, kamu membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Jogja. Karena perlu berjalan kaki dan menaiki anak tangga untuk sampai ke puncak, kamu perlu berhati-hati dan memastikan untuk menggunakan outfit yang tepat ketika datang berkunjung.
Biaya yang dibutuhkan adalah Rp 5.000 untuk masuk, Rp 3.000 untuk parkir motor, dan Rp 5.000 untuk mobil, serta membayar sekitar Rp 10.000 - Rp 25. 000 untuk berfoto di spot-spot yang telah tersedia.
4. Jembatan Gantung Pantai Sinden dan Pulau Kalong
Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Alam Menarik, Kunjungi 4 Lokasi Ini (351928)
Jembatan gantung Pantai Sinden. Sumber: Visiting Jogja
Bagi kamu si pecinta wisata adrenalin, jembatan gantung Pantai Sinden ini adalah pilihan pas yang bisa kamu sambangi. Pantai Sinden sendiri berlokasi di Desa Jepitu dan masih merupakan wisata pantai Gunungkidul, Jogja.
ADVERTISEMENT
Berbeda dengan pantai lain, salah satu tempat wisata di Jogja ini memiliki tebing yang tinggi dan juga terjal. Di sini terdapat jembatan gantung yang menghubungkan pantai dengan sebuah pulau yang bernama Pulau Kalong.
Ekstrimnya, jembatan penghubung ini hanya terbuat dari susunan papan dan juga tali yang kerap bergoyang karena tertiup angin. Meski begitu, kamu bisa melihat langsung indahnya air biru Pantai Sinden.
Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Alam Menarik, Kunjungi 4 Lokasi Ini (351929)
Pulau Kalong Jogja. Sumber: Visiting Jogja
Setelah berhasil menyeberangi jembatan gantung tersebut, bersiap-siaplah menjumpai Pulau Kalong yang terdiri atas karang dan juga pepohonan.
Untuk harga tiket masuk ke Pantai Sinden, kamu perlu membayar sebesar Rp 10.000 dan Rp 25.000 jika ingin berfoto di jembatan gantung. Oh ya, tempat wisata di Jogja ini hanya bisa kamu kunjungi di akhir pekan.
ADVERTISEMENT
Nah bagaimana? Tertarik menjumpai alam melalui 4 tempat wisata di Jogja ini?
(SYA)