kumparan
KONTEN PENGGUNA
14 Februari 2020 19:45

Viral Pelayan di AS Cuma Dibayar 9 Dollar Setelah Kerja 70 Jam

virals.jpg
Aaliyah Cortez. Foto: Instagram @abronte_ dan TikTok f.aa.ded
Banyak orang pindah ke Amerika Serikat untuk mendapatkan kehidupan lebih baik. Tapi ternyata, ada juga pekerja di sana yang menganggap upahnya terlalu kecil.
ADVERTISEMENT
Seperti yang terjadi pada Aaliyah Cortez, seorang ibu muda yang bekerja di sebuah bar di Texas. Untuk menunjang hidup, dia bekerja sebagai bartender.
Baru-baru ini Aaliyah pasang video di TikTok untuk menyuarakan kegelisahannya. Bayangin aja, setelah kerja 70 jam lebih, dia cuma dapat upah bersih US$ 9,28 dolar atau sekitar Rp 127 ribu.
“Aku dibayar US$ 2,13 per jam sebagai bartender dan pelayan. Seharusnya aku dapat US$ 151,” kata Aaliyah.
bar1.jpg
Aaliyah. Foto: @abronte_
Tapi karena gajinya dipotong langsung untuk pajak dan social security, maka upahnya yang tersisa cuma tinggal US$ 9,28. Jadi bisa dibilang Aaliyah menggantungkan hidup dari tip pengunjung.
“Inilah mengapa kamu harus memberikan tip,” katanya.
Video Aaliyah itu langsung memicu perdebatan di internet. Ada yang menyorot slip gaji yang disorot di video, bahwa sebenarnya Aaliyah kelihatan nerima sekitar US$ 700 dari tip, dan dia enggak kena pajak.
bar2.jpg
Aaliyah dengan seragam kerja. Foto: @abronte_
Tapi Aaliyah merasa bahwa kritik tersebut enggak pas dengan substansi yang mau dia sampaikan bahwa bartender di Texas belum semuanya dapat gaji yang layak.
ADVERTISEMENT
Bagaimana menurutmu soal kasus tersebut, apakah kamu tim yang setuju memberikan tip di restoran?
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan