Food & Travel
·
14 Juli 2021 6:06
·
waktu baca 2 menit

Wisata Dataran Tinggi Dieng, Ini 6 Rekomendasi Terbaik

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
Wisata Dataran Tinggi Dieng, Ini 6 Rekomendasi Terbaik (67538)
searchPerbesar
Ilustrasi berkunjung ke wisata dataran tinggi Dieng. Foto: S Migaj/pexels
Wisata dataran tinggi Dieng memiliki beragam pilihan wisata alam yang begitu mempesona. Tidak bisa dipungkiri, Dieng telah menjadi salah satu primadona tempat wisata di Jawa Tengah di kalangan para wisatawan, baik lokal maupun asing.
ADVERTISEMENT
Penasaran wisata dataran tinggi Dieng apa saja yang wajib kamu kunjungi setidaknya sekali seumur hidup? Yuk, simak rekomendasi terbaiknya di bawah ini!

Wisata Dataran Tinggi Dieng

1. Telaga Warna
Dilansir melalui laman Disparbud Kabupaten Wonosobo, telaga warna merupakan sebuah telaga di mana airnya dapat berubah menjadi hijau, kuning, atau bahkan berwarna-warni layaknya pelangi.
Ternyata, fenomena unik yang menjadi daya tarik utama telaga warna ini terjadi akibat kandungan sulfurnya yang tinggi, sehingga ketika terkena sinar matahari air akan terlihat menjadi warna-warni.
2. Bukit Sikunir Dieng
Bukit Sikunir merupakan wisata dataran tinggi Dieng yang tak boleh dilewatkan. Berada di ketinggian 2.263 mdpl dan terletak di sisi timur desa tertinggi di Pulau Jawa, yakni Desa Sembungan, Sikunir selalu menjadi buruan para pendaki.
ADVERTISEMENT
Selain dapat menikmati indahnya alam dan sejuknya udara sekitar, berburu matahari terbit juga menjadi incaran jika telah sampai di puncak bukit. Jangan salah, sunrise di atas bukit ini sudah sangat melegenda loh!
Dikutip melalui laman Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, matahari terbit Dieng berjuluk golden sunrise dengan warna sinar putih peraknya. Golden sunrise ini bisa dilihat melalui menara pandang yang ada pada ketinggian 1.700 meter.
3. Kawah Sikidang
Wisata Dataran Tinggi Dieng, Ini 6 Rekomendasi Terbaik (67539)
searchPerbesar
Ilustrasi Kawah Sikidang sebagai salah satu wisata dataran tinggi Dieng. Foto: ROMAN ODINTSOV/pexels
Kawah Sikidang adalah kawah vulkanik yang sampai saat ini masih aktif. Sebagai kawah vulkanik aktif, kawah ini kerap mengeluarkan uap panas dengan kondisi air kawah yang mendidih dan bergejolak.
Jika kamu berniat berkunjung ke Kawah Sikidang, siap-siap melihat pemandangan vulkanisme seperti kepulan asap putih, uap panas, dan semburan air mendidih dengan warna kelabunya yang khas.
ADVERTISEMENT
4. Tujuh candi
Wisata dataran tinggi Dieng memang luar biasa. Tak hanya menyajikan alam, wisata sejarah dan budaya pun juga hadir di sini.
Dahulu, kawasan tengah dataran tinggi Dieng menjadi tempat pemujaan dan asrama pendidikan Hindu paling tua yang pernah ada di Indonesia.
Hal ini bisa dilihat dari puing bekas vihara dan tujuh buah candi yang ada, yakni:
  1. Candi Banowati
  2. Candi Puntodewa
  3. Candi Arjuna
  4. Candi Sembodro
  5. Candi Sri Kandi
  6. Candi Gatot Kaca
  7. Candi Bima.
5. Gunung Prau
Wisata Dataran Tinggi Dieng, Ini 6 Rekomendasi Terbaik (67540)
searchPerbesar
Ilustrasi mendaki Gunung Prau sebagai salah satu wisata dataran tinggi Dieng. Foto: Andrei Tanase/pexels
Seperti tak ada habisnya, salah satu destinasi wisata dataran Dieng yang satu ini juga fenomenal. Kerap menjadi incaran para pendaki, Gunung Prau seperti yang dilansir melalui Disporpar Provinsi Jawa Tengah gagah berdiri pada ketinggian 2.565 mdpl.
Selagi mendaki gunung, kamu bisa menikmati pesona dan bentang alam yang ada di jalur pendakian, terutama ketika telah sampai ke puncak.
ADVERTISEMENT
6. Telaga Manjer
Telaga Manjer menjadi objek wisata dataran tinggi Dieng yang tak kalah indah dibanding Telaga Warna. Suasana lereng-lereng bukit hijau, desir air telaga, dan udara sejuk yang berhembus bisa menjadi obat penatmu. Untuk mengabadikan cantiknya Telaga Manjer, wisatawan bisa berfoto di sebuah spot foto menarik bernama floating garden.
Nah bagaimana rekomendasi wisata dataran tinggi Dieng di atas? Begitu menjanjikan bukan?
(SYA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020