Pencarian populer
USER STORY
27 Maret 2018 15:42 WIB
..
..

Balita Asmat Ini Berjuang Sembuh dari Gizi Buruk

Kejadian Luar Biasa (KLB) gizi buruk dan campak yang terjadi di Asmat, Papua sungguh menggetarkan hati penduduk Indonesia. Tujuh puluh dua balita bukanlah jumlah yang sedikit untuk angka kematian para penerus bangsa. Namun, tak sempat bernasib serupa dengan puluhan balita tersebut, Susana (2) sedang berjuang mendapatkan gizi yang lebih baik lagi.

Kondisi Asmat yang terletak di pedalaman Papua membuat akses transportasi sangat sulit untuk mencapai kabupaten ini. Dengan keterbatasan yang ada, masyarakat Asmat kini saling bekerja sama untuk menciptakan anak-anak Asmat yang lebih sehat lagi. Susana adalah satu dari ratusan anak yang berusaha keluar dari rantai gizi buruk yang selama ini mengintai Asmat.

Susana tinggal di sebuah distrik di Kabupaten Asmat. Kedua orangtuanya telah meninggal dunia. Saat ini Susana dirawat oleh kerabatnya yang juga hidup dalam keterbatasan. Itulah mengapa Susana turut merasakan gizi buruk.

Anak seusia Susana setidaknya sudah bisa berdiri, berbicara dan memiliki banyak tingkah menggemaskan. Namun, akibat tidak adanya asupan gizi yang baik, Susana justru tampak seperti seorang bayi berusia delapan bulan.

Beberapa hari belakangan kondisi badan Susana sudah tampak berbeda. Dirinya semakin ceria dan memiliki selera makan yang kuat. Susana sudah mau meraih makanan yang tersedia di piringnya. Tak jarang ia bisa menghabiskan makanan yang terdiri dari bubur nasi, sayur, telur dan buah-buahan.

Masyarakat Asmat kini telah mulai mengenal pentingnya kesehatan. Melalui Wahana Visi Indonesia (WVI) lewat program pendampingan Pemberian Makanan Balita dan Anak (PMBA) yang dilakukan sejak 25 Januari 2018 mulai mendapatkan pengetahuan akan pentingnya pemberian nutrisi pada anak.

Selain PMBA, WVI bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Asmat juga memberikan penyuluhan terkait pengelolaan air bersih, serta pembangunan sistem kewaspadaan dini dan rujukan kasus campak dan gizi buruk di masyarakat. Demi mewujudkan kehidupan anak-anak Asmat, WVI masih terus bekerja sama dengan pemerintah setempat hingga 25 April 2018.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: