News
·
21 November 2020 21:05

Tips Mengatasi Stress Belajar Daring

Konten ini diproduksi oleh Hilyah Sari
Tips Mengatasi Stress Belajar Daring (129978)
Ilustrasi: stress belajar daring
Semenjak ditetapkannya Indonesia berstatus COVID-19, pemerintah mulai menerapkan berbagai kebijakan untuk mengurangi angka kenaikan kasus COVID-19. Salah satu kebijakan pemerintah yang tengah berlangsung saat ini, yaitu melakukan kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau yang sering kita kenal ”belajar daring”.
ADVERTISEMENT
Akibat kasus COVID-19 di Indonesia yang terus mengalami peningkatan, memungkinkan pemerintah memperpanjang kegiatan pembelajaran jarak jauh untuk menjaga keselamatan dan kesehatan tenaga pendidik, siswa, dan mahasiswa. Di awal-awal belajar daring, banyak siswa dan mahasiswa yang senang karena mereka tak perlu repot-repot lagi ke sekolah. Namun, seiring berjalannya waktu banyak siswa dan mahasiswa mulai merasa bosan dengan aktivitas dan suasana yang begitu saja.
Pembelajaran jarak jauh tak hanya berdampak pada psikis anak, namun juga berdampak pada psikologis anak. Banyak siswa dan mahasiswa yang stress karena tugas yang diberikan oleh guru atau dosen terbilang cukup banyak. Akibatnya mereka harus merelakan waktu beristirahatnya harus dipakai untuk mengerjakan tugas.
Untuk itu, ada beberapa tips yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi stress belajar daring. Yuk, simak penjelasannya dibawah ini!
ADVERTISEMENT
Cari tempat yang nyaman
Belajar daring membutuhkan waktu yang lama, tak jarang para siswa dan mahasiswa yang merasa pegal-pegal karena terlalu lama duduk. Cara yang tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah memilih tempat yang nyaman dan tenang sehingga kita bisa lebih fokus, enjoy, dan terhindar dari kebisingan. Kamu dapat memilih tempat yang memiliki sandaran dan busa yang nyaman untuk duduk, seperti di kasur atau kursi.
Selain itu, kamu juga bisa menghias meja belajarmu agar terlihat menarik dan tidak merasa bosan. Kamu bisa menghiasinya dengan menempelkan stiker, origami atau foto idol kalian. Dengan begitu, kamu akan lebih semangat lagi belajarnya.
Jangan panik jika jaringan internet lemot
Jaringan internet tidak stabil menjadi hal yang umum dirasakan para pelajar dan mahasiswa selama belajar daring. Apalagi saat sedang mengerjakan ujian yang menggunakan batas waktu, tentu hal ini sangat menjengkelkan dan kerap membuat kita panik, emosi, dan tidak dapat berpikir positif. Kejadian ini bukan sesuatu yang bisa kita kendalikan, bukan? Jadi, kamu jangan panik dan atur pola napasmu. Kamu bisa memberikan penjelasan kepada guru atau dosen terhadap apa yang terjadi padamu dengan disertai bukti-bukti yang akurat. Percayalah, guru atau dosen akan memaklumi hal itu, jika kamu menjelaskannya dengan jujur.
ADVERTISEMENT
Jangan menumpuk tugas
Sering kali kita bermalas-malasan dan menunda mengerjakan tugas yang mengakibatkan tugas menjadi menumpuk. Berbagai alasan yang kita gunakan sehingga waktu terbuang sia-sia saja. Akibatnya, kita terburu-buru mengerjakan tugas dan membuat tugas dikerjakan tidak terselesaikan secara optimal. Oleh karena itu, kita harus pandai mengatur waktu dan usahakan mengerjakan tugas dari yang mudah terlebih dahulu sehingga kita tidak merasa terbebani.
Tidur yang cukup
Istirahat yang cukup dapat membuat kamu lebih fokus saat belajar. Hal ini sangat penting dilakukan karena jika kamu memaksakan diri untuk terus belajar, yang ada kamu bukannya mendapatkan nilai yang bagus, malah justru menimbulkan penyakit. Apalagi belajar daring tidak seperti belajar tatap muka karena kita harus menatap layar laptop/handphone berjam-jam sehingga sering kali kita merasa mengantuk dan mata terasa perih.
ADVERTISEMENT
Dari beberapa hasil penelitian menemukan bahwa, orang yang kurang tidur akan meningkatkan kecemasan yang menjadi salah satu gejala stress. Akibatnya, otak mengalami kelelahan sehingga tidak bisa berpikir jernih. Jadi, ada baiknya kamu harus istirahat yang cukup minimal tidur 30 menit dan jangan tidur terlalu larut malam agar kamu bisa fokus belajar esok pagi.
Mendengarkan musik
Mendengarkan musik nyatanya menjadi cara yang efektif untuk meredahkan stress. Telah banyak penelitian yang setuju bahwa mendengarkan musik dapat memperbaiki suasana hati dan meningkatkan mood seseorang yang dapat memberikan efek relaksasi. Namun, perlu diperhatikan pemilihan genre yang tepat karena jika kamu memilih yang sedih mungkin kamu akan ikut menangis dan terhanyut dalam lagu sehingga konsetrasi kamu hilang.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white