kumparan
24 Mei 2019 12:49 WIB

Akses Medsos Masih Dibatasi, Menkominfo : Tunggu Kondusif Ya

Rudiantara - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Foto : Kominfo.go.id
Pemerintah masih membatasi akses sosial media hingga hari ketiga pasca Aksi 22 Mei lalu. Menteri Komunikasi dan Informatika pun belum memastikan sampai kapan pembatasan ini akan berhenti.
ADVERTISEMENT
Menurut pantauan Wartabromo, sampai saat ini pengguna masih belum bisa menikmati fitur gambar dan video di 3 media sosial yakni Facebook, Instagram dan Whatsapp. Meski masih bisa bertukar pesan, namun unggahan gambar di 3 sosial media tersebut masih sulit diakses. Bahkan Whatsapp web hingga saat ini sama sekali tidak bisa diakses.
Menteri Kominfo, Rudiantara mengungkapkan bahwa penghentian akses di beberapa sosial media ini menunggu situasi kondusif.
“Tunggu kondusif ya, yang bisa menyatakan suasana kondusif atau tidak tentu dari pihak keamanan. Dari sisi intelejen dari sisi Polri dari sisi TNI, kalau kondusif kita akan buka akan fungsikan kembali fitur-fitur. Karena saya sendiripun merasakan dampak yang saya buat sendiri,” ujarnya seperti dinukul dari Tribunnews.com.
ADVERTISEMENT
Langkah pembatasan ini menurut Rudiantara merupakan salah satu cara efektif untuk meredam hoaks yang beredar luas di masyarakat. Utamanya kabar bohong melalui video yang banyak menyulut emosi warga net.
“Saya mohon maaf apabila ada yang dirugikan. Saya mohon pengertiannya masyarakat yang terdampak,” kata Rudiantara.
Sementara itu Facebook, perusahaan Induk Whatsapp dan Instagram menyatakan akan bekerjasama dengan pemerintah untuk pembelakuan sistem ini.
“Menanggapi situasi keamanan yang terjadi di Jakarta saat ini, Kami terus berkoordinasi dengan pemerintah Indonesia dan bertindak sesuai dengan kemampuan kami,” ujarnya seperti dikutip dari portal berita Antara.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan