Pencarian populer

Jumlah Pencari Kerja Urus AK 1 di Kabupaten Pasuruan Meningkat

Antrian pengurus AK 1 di Disnaker Kabupaten Pasuruan.

Jumlah pencari kerja (pencaker) yang datang untuk mengurus kartu AK 1 (Antar Kerja) meningkat di Kabupaten Pasuruan. Selama dua bulan terakhir, peningkatannya mencapai 40 %.

Suhartana, Kabid Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnakertrans Kabupaten Pasuruan mengatakan, jumlah pencaker yang datang ke Disnaker berjumlah sekitar 40-50 orang per harinya. Padahal, di hari biasa, hanya sekitar 20-25 pencaker saja.

“Memang kalau sudah ada informasi job fair, pasti pencaker banyak yang datang ke Disnaker untuk minta kartu AK1 atau kartu kuning, meskipun sekarang warnanya putih,” kata Suhartana, Kamis (25/10/2018)

Jumlah pencaker yang datang untuk mengurus kartu AK1 selama bulan September lalu tercatat 621 orang. Sementara pada bulan Oktober sampai hari ini, sudah ada 673 orang yang mengambil kartu antar kerja itu. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus meningkat, menjelang Job Fair yang akan dilaksanakan pada 7-8 November mendatang.

“Karena kalau H-1 atau H-2 itu hari Sabtu dan Minggu, jadi kita tidak membuka pelayanan. Kita perkirakan hari Jumat akan kita layani sampai selesai,” ungkapnya.

Meski begitu, Suhartana mengaku, lonjakan pencaker yang mengurus kartu AK1 sebagai hal yang wajar. Hal ini karena kartu tersebut diperlukan untuk melengkapai persyaratan para pelamar pekerjaan.

Salah satu pencaker, Adi Wahyudi (19) mengatakan, Ia datang ke Disnaker bersama teman-temannya yang merupakan alumni SMKN Winongan. Adi berharap bisa mendapatkan pekerjaan melalui Job Fair yang dilaksanakan Pemkab Pasuruan.

“Cepet mas, 15 menit sudah selesai, dan semoga saya bisa kerja tahun ini,” ungkapnya.

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: