kumparan
28 November 2018 8:49

KNKT Kumpulkan Keterangan ABK KM Multi Prima 1 yang Selamat

Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), memintai keterangan 7 ABK KM Multi Prima 1 yang selamat. Pemeriksaan dilakukan secara tertutup, di kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Probolinggo.
ADVERTISEMENT
Pihak KNKT, melakukan pemeriksaan di kantor yang terletak di jalan Tanjung Tembaga Timuri itu, untuk mengetahui secara pasti, penyebab karamnya kapal kargo multi prima 1, di perairan Sumbawa.
Ketujuh korban selamat itu, meliputi Haji Jamaludin, Bob Chris Butarbutar, Rahmatulloh, Debiyallah Sastria, Zainal Arifin, Benyamin Heluk dan Aldy Hidayat. Kendati demikian, pihak KNKT tidak membeberkan hasil pengumpulan keterangan tersebut. KNKT berdalih keterangan masih bersifat data dan harus diolah kembali. Usai diolah, data tersebut akan menjadi semacam animasi, untuk mengilustrasikan tenggelamnya KM Multi Prima 1.
“Intinya kami mengorek data dari para ABK yang selamat. Kami analisis dan menjadikannya evaluasi agar kejadian serupa tidak terjadi lagi. Baik di perairan Probolinggo maupun seluruh perairan nusantara,” terang Investigator Keselamatan Pelayaran KNKT, Bambang Irawan, Selasa (27/11/2018) malam.
ADVERTISEMENT
Pemeriksaan, berlangsung sejak sore hari. Hingga berita ini dituliskan, pihak KNKT masih meminta keterangan dari para ABK yang selamat. Sementara itu pihak Basarnas masih terus melakukan upaya pencarian 7 korban lainnya yang masih dinyatakan hilang. Selanjutnya, untuk para korban selamat rencananya akan segera diserahkan ke pihak perusahaan pelayaran.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan