kumparan
30 Mei 2018 10:26 WIB

Maklumat Kyai Nawawi Menangkan Gus Ipul di Pilgub Jatim 2018

KH Nawawi Abdul Jalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, terbitkan maklumat untuk menangkan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (cagub-cawagub Jatim) Saifullah Yusuf-Puti Soekarno. Maklumat himbauan itupun menambah daftar penegasan dukungan kyai sepuh kepada Gus Ipul di Pilgub Jatim 2018 kali ini.
ADVERTISEMENT
Maklumat Kyai Nawawi itu dibuat cukup lugas dan singkat. Menariknya, Kyai Nawawi menuliskannya dalam bentuk pego (kalimat modifikasi huruf Arab, untuk menuliskan bahasa Indonesia).
Hanya saja, dalam maklumat ditujukan langsung kepada alumni, santri dan simpatisan Pondok Pesantren Sidogiri tersebut, tidak mencantumkan tanggal penerbitannya.
“Dengan ini kami menghimbau kepada seluruh alumni, santri dan simpatisan untuk memilih, mencoblos serta membantu pemenangan pasangan Gus Ipul-mbak Puti dalam Pilgub Jatim 2018,” tegas maklumat Kyai Nawawi.
Maklumat untuk menangkan Gus Ipul-mbak Puti, oleh kyai sepuh di Sidogiri itu, memperkuat seruan dukungan serupa oleh KH Idris Hamid. Sebelumnya, Gus Idris, sapaan akrabnya, menerbitkan Maklumat pada 28 Mei 2018. Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah dan Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan itu, menegaskan Gus Ipul-mbak Puti merupakan pilihan, bagian dari upaya istikharah dan ijtihad politik Jumhur Ulama Jawa Timur.
ADVERTISEMENT
Terdapat 7 poin maklumat lebih berisi instruksi Gus Idris untuk memilih Saifullah Yusuf dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 27 Juni 2018 nanti.
“Semua alumni keluarga santri putra dan putri Salafiyah dan Bayt Al-Hikmah harus tetap merapatkan dukungan kepada Drs. H Saifullah Yusuf,” salah satu poin dalam maklumat.
Beredarnya maklumat oleh dua kyai ‘kondang’ itu, sepertinya sebagai jawaban atau bentuk sikap setelah pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, terbilang getol berebut simpati dan restu para Ulama dan kyai-kyai di wilayah Pasuruan.
Terakhir, Emil Dardak selama dua hari terus gerilya, bersilaturahmi ke sejumlah tokoh dan kyai, diantaranya KH Sholeh, Pengasuh Pondok Pesantren Ngalah, Purwosari hingga KH Baharudin, Sidogiri.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan