kumparan
News26 November 2018 11:23

Selamatkan Korban Kapal Tenggelam, ABK KM Cahaya Abadi Mendapat Penghargaan

Konten Redaksi WartaBromo
3 ABK KM Cahaya Abadi 201 yang menyelamatkan 7 ABK korban dari KM Multi Prima 1 mendapat penghargaan dari Polres Probolinggo dan Polres Probolinggo Kota, Senin (26/11/2018). Aksi heroik mereka dinilai suatu bentuk saling menjaga satu sama lain di lautan
ADVERTISEMENT
Ketiga ABK yang mendapat pernghargaan itu adalah Yulius Indrajati (31), M.Rizky Hidayat Said (23) dan Rivaldo Josua (20). Mereka mendapatkan piagam dan sejumlah penghargaan sebagai tanda kemanusiaan dari kepolisian. Apresiasi dari kepolisian diberikan, karena keberanian mereka bertaruh nyawa menyelamatkan korban kapal tenggelam di perairan antara Lombok-Sumbawa.
Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Alfian Nurrizal mengatakan, aksi yang dilakukan oleh 3 ABK tersebut merupakan suatu bentuk kemanusiaan. Ia pun berharap seluruh nelayan dapat saling menjaga dan bergotong royong, antara satu dengan yang lain.
“Kami sangat mengapresiasi atas tindakan yang dilakukan oleh tiga ABK ini. Karena menyelamatkan korban tenggelam tersebut tidak mudah taruhannya nyawa. Kami berharap seluruh nelayan Indonesia bisa dan dapat saling menjaga terhadap sesama nelayan,” kata Alfian sesudah memberi penghargaan di Pelabuhan Tanjung Tembaga.
ADVERTISEMENT
Yulius Indrajati (31), salah satu ABK penyelamat menuturkan, pihaknya saat kejadian melihat sejumlah ABK yang tenggelam tengah terombang-ambing di laut. Tanpa dikomando, mereka berusaha mendekat dan ternyata korban kecelakaan laut.
“Agak sulit karena waktu itu ombak agak besar, kemudian kami tanya ternyata masih banyak yang belum ketemu. Kemudian kami mencari sisa korban tersebut hingga hampir subuh. Karena bahan bakar kapal kami mulai menipis, kemudian kami terpaksa melanjutkan perjalanan dengan membawa 7 korban tersebut,” tuturnya.
Yulius dan rekannya sangat berterimakasih kepada Polres dan Polres Probolinggo Kota, karena peduli terhadap nelayan dan pelaut. “Kami tak menyangka kepolisian sangat peduli terhadap kami. Kami sangat berterimakasih sudah difasilitasi hingga mendapat penghargaan ini,” tambahnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan