Pencarian populer

Ada Kredit Murah untuk Konstruksi Rumah MBR, Siapa Berminat?

Perumahan BTN di Citayam. (Foto: Dok. BTN)

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan meluncurkan program kredit murah konstruksi rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) pada tahun depan.

Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahaan Kementerian PUPR, Lana Winayanti mengungkapkan, saat ini perbankan tak begitu berminat dengan program Kredit Pemilikian Rumah (KPR) bersubsidi bagi MBR.

Padahal berdasarkan catatan Kementerian PUPR, backlog (kesenjangan antara jumlah rumah terbangun dengan kebutuhan) rumah per 2015 sebesar 11,3 juta unit. Oleh karenanya, Ditjen Pembiayaan Perumahan melalui PPDPP berencana menyalurkan program kredit konstruksi rumah bagi MBR.

“Terkait aturannya sedang kami siapkan, rencananya tahun depan,” ucap Lana kepada kumparan (kumparan.com), Kamis (26/10).

Namun Lana belum dapat merinci, berapa besar alokasi kredit yang disiapkan serta mekanisme penyalurannya. Namun dalam APBN 2018 yang baru saja disetujui DPR Rabu (25/10) kemarin, PPDPP mendapat alokasi Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 2,18 triliun. Dana sebesar itu merupakan bagian dari pembiayaan investasi negara dalam APBN 2018 yang totalnya mencapai Rp 65,65 triliun.

Untuk diketahui, kredit konstruksi merupakan kredit modal kerja yang diberikan oleh perseroan kepada pengembang untuk membantu pembangunan proyek. Selama ini, kredit konstruksi hanya diberikan oleh perbankan.

“Tapi selama ini kredit yang diberikan oleh perbankan belum maksimal. Kredit konstruksi untuk pembangunan rumah MBR masih perlu didorong agar perbankan mau menyalurkan,” katanya.

Dia menambahkan, rumah murah saat ini sulit dibangun pengembang lantaran lahan yang ada terbatas dan mahal. Lana memandang ke depan, pihaknya harus menyediakan skema pembiayaan penyediaan lahan.

“Nantinya bisa land banking, atau bisa juga pemanfaatan lahan pemerintah. Yang pasti kita fokus menurunkan backlog kepemilikan rumah,” pungkas Lana.

Reporter: Resya Firmansyah

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.34