• 0

Ekonomi China Tumbuh 6,8% pada Kuartal III 2017

Ekonomi China Tumbuh 6,8% pada Kuartal III 2017


Beijing China

Beijing, China (Foto: Reuters/Jason Lee)
Perekonomian China pada kuartal III 2017 tumbuh sesuai ekspektasi. Mengutip Reuters, Kamis (19/10), Biro Statistik Nasional China melaporkan, pertumbuhan ekonomi negara itu mencapai 6,8%.
Sebelumnya, analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan produk domestik bruto akan meningkat 6,8 persen pada Juli-September. Angka tersebut lebih rendah dari pertumbuhan ekonomi kuartal sebelumnya yang mencapai 6,9%.
Menurunnya pertumbuhan ekonomi ini karena melambatnya realisasi investasi. Hal ini seiring kebijakan pemerintah China, yang menekan spekulasi pasar properti dan mengurangi kredit.
Perekonomian terbesar kedua di dunia ini, menargetkan pertumbuhan sekitar 6,5% pada 2017. Angka tersebut lebih rendah dari tahun lalu yang 6,7%, yang merupakan posisi terlemah dalam 26 tahun.

Mata uang China Yuan

Mata uang China Yuan (Foto: Reuters/Thomas White)
Sebelumnya Gubernur Bank Sentral China Zhou Xiaochuan mengakui perlambatan pertumbuhan ekonomi negaranya, dalam beberapa tahun terakhir. “Namun pertumbuhan ekonomi telah pulih tahun ini, dengan PDB mencapai 6,9% pada semester pertama, dan mungkin mencapai 7% di semester kedua," ujar Zhou dalam Seminar Perbankan Internasional G30 di Washington, Minggu (15/10).

EkonomiPertumbuhan EkonomiChinaAsiaInvestasi

500

Baca Lainnya