kumparan
18 Okt 2017 9:55 WIB

Trump Akan Umumkan Nama Ketua The Fed Awal November

Gedung Federal Reserve atau Eccles Building. (Foto: Wikimedia Commons)
Presiden Amerika Serikat Donald Trump sedang memilih Ketua Bank Sentral, Federal Reserve (The Fed), dari lima kandidat yang ada. Ketua Federal Reserve saat ini, Janet Yellen, akan mengakhiri masa jabatannya pada Februari 2018.
ADVERTISEMENT
Mengutip sumber yang mengetahui hal ini, Reuters pada Selasa (17/10) mengungkapkan Trump kemungkinan akan mengumumkan nama Ketua The Fed pada awal November atau sebelum kunjungannya ke sejumlah negara Asia.
"Sejujurnya, saya suka mereka semua," kata Trump kepada wartawan saat ditanya kandidat favorit dia untuk menduduki kursi orang nomor satu di The Fed.
Trump dijadwalkan akan bertemu dengan Janet Yellen pada Kamis (19/10) mendatang, untuk membahas hal ini. Yellen sendiri termasuk salah seorang kandidat dari lima nama yang sudah dikantungi Trump.
Donald Trump dan Janet Yellen (Foto: REUTERS/Yuri Gripas/)
Kandidat lainnya adalah penasihat ekonomi Trump, Gary Cohn, Mantan Gubernur The Fed Kevin Warsh, Gubernur The Fed Jerome Powell, dan Ekonom Universitas Stanford John Taylor. Pertemuan Trump dengan Yellen, direncanakan juga akan dihadiri para kandidat tersebut.
ADVERTISEMENT
Dalam jajak pendapat Reuters terhadap 40 ekonom, menjagokan Powell untuk menggantikan Yellen. Kandidat unggulan berikutnya adalah Kevin Warsh, yang bertugas sebagai gubernur The Fed di masa AS didera krisis keuangan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan