• 0

3 Titik di Tol Purbaleunyi yang Rawan Bencana Tanah Bergerak

3 Titik di Tol Purbaleunyi yang Rawan Bencana Tanah Bergerak



Jembatan Cisomang Cover 1

Jembatan Cisomang di Tol Purbaleunyi bergeser. (Foto: Ridho Robby/kumparan)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PERA) mendata ada 3 titik di tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) yang rawan terjadi bencana tanah bergerak. Salah satu lokasi tersebut adalah Jembatan Cisomang yang berada di Km 100+700.
"Kita sudah pengalaman banyak di jalan itu juga di km 97-98 juga 90-91 juga masih ada pergerakan tanah yang masih diupayakan terus rehabilitasinya," ungkap Menteri PU-PERA Basuki Hadimuljono saat ditemui di Kantor KemenPU-PERA, Jakarta, Jumat (23/12).
Sementara itu terkait bergesernya salah satu pilar Jembatan Cisomang masih dilakukan perbaikan sementara. Perbaikan permanen baru akan dilakukan setelah masa libur Natal selesai.
"Jadi Cisomang ini rencananya setelah libur Natal langsung dikerjakan untuk menghentikan itu," imbuhnya.
Di tempat yang sama Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PU-PERA Hendra menuturkan kawasan di sekitar Jembatan Cisomang tergolong labil dan rawan terjadi bencana tanah bergerak. Oleh karena itu PU-PERA akan mengevaluasi struktur bangunan Jembatan Cisomang secara menyeluruh.
"Di daerah yang bisa kita katakan labil jadi bukan hal yang baru dan gerakan tanah kecil sekali. Sedang dilakukan evaluasi menyeluruh terhadap struktur jembatan bawah dan atas," jelasnya.

EkonomiJembatan CisomangLalu LintasLiburan

500

Baca Lainnya